Pudji Prasetiono
Pudji Prasetiono Wiraswasta

Budaya, culture sosial dan ciri keberagaman adalah nilai. Alam terbentang dan terhampar elok anugerah Illahi. Buka mata dengan mata-mata hati. Menulis dengan intuisi.

Selanjutnya

Tutup

Ceritaramlan

5 Target Suci Dalam Keutamaan Ramadan

16 Mei 2018   23:45 Diperbarui: 16 Mei 2018   23:44 862 0 0
5 Target Suci Dalam Keutamaan Ramadan
Kitab Suci (Dok. Pri)

Hati dan jiwa yang bersih telah kita persiapkan dalam menuju dan menyambut  Ramadhan yang Magfirah. Maka berbahagialah bagi mereka yang menyambut atas datang nya  bulan Ramadhan dengan penuh suka cita. Karena Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinanti nanti bagi kaum muslimin yang beriman.

Sidang isbat dalam penentuan jatuh nya Ramadhan telah diputuskan oleh pemerintah, 17 Mei bulan ini. Dengan begitu malam ini ibadah sholat tarawih pun dimulai untuk edisi perdana. Target dan pencapaian puasa sudah mulai disusun guna terlaksana Ramadhan dengan sebaik-baiknya. Puasa harus terlaksana dengan baik, tidak boleh kendor, apa lagi sampai loyo. Semangat sudah mulai tergenggam, karena sayang jika Ramadhan dilewatkan tanpa makna dan tanpa target yang berarti.

Sebelum berbicara mengenai target dan  pencapaian sejauh mana yang hendak kita raih di bulan Ramadhan ini, sebaik nya kita mengetahui terlebih dulu seberapa besar keutamaan-keutamaan yang terkandung dalam bulan Ramadhan ini.

Turunnya Al-Quran atau Nuzulul Quran

Sebagaimana Allah berfirman :

Beberapa hari yang ditentukan itu adalah bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan sebagai pembeda (antara yang hak dan yang bathil (Al Baqarah : 185).

Dalam tafsiran tersebut sangat jelas bahwasannya Allah memberikan pembeda terhadap bulan ramadhan diantara bulan-bulan yang lain.

Dilipatgandakannya Amal Sholeh

Bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat dimana kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah yang maha  kuasa. Diman Allah akan melipat gandakan amalan-amalan kita sebesar 70x lipat dari bulan bulan lainnya. Dibulan ini juga kaum umat muslim disarankan untuk berlomba-lomba meningkatkan berbagai macam amalan amalan lainnya.

Bulan Penuh Berkah

Semua pastilah sudah tahu dan sepakat kalau bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dimana semua amalan-amalan sholeh dilipat gandakan. Seperti halnya dalam sabda Rasullulah Sallallahu Alaihi Wasalam :

Barang siapa yang berdiri sholat pada bulan Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu (diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim).

Bulan Pengampunan Dosa dan Dikabulkannnya Doa-doa

Rasullulah Sallallahu Alaihi Wasalam bersabda :

Barang siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharapkan pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu (diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim)

Dalam hadist lain beliau bersabda :

Celakalah seseorang, ia memasuki bulan Ramadhan kemudian melaluinya sedangkan dosanya belum diampuni (diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ahmad).

Turunnya Lailatul Qadr

Lailatul Qadr (malam kemuliaan) adalah suatu malam yang ada padda 10 hari terakhir dibulan Ramadhan, yang mana malam tersebut memiliki banyak keutamaan dan kemuliaan. Merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajjar (A Qadr : 1-5).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2