Mohon tunggu...
anggi fibriana
anggi fibriana Mohon Tunggu... mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Kerajinan Limbah Kayu yang Menarik Perhatian Orang-orang Mancanegara

16 Januari 2020   02:29 Diperbarui: 16 Januari 2020   02:44 65 4 1 Mohon Tunggu...
Kerajinan Limbah Kayu yang Menarik Perhatian Orang-orang Mancanegara
dok. pribadi

Berawal dari terinspirasi dengan adanya limbah kayu yang ada di daerah desa Sumberjo, tepatnya berada di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, membuat lelaki bernama Eko Cahyono ini berfikir untuk membuat UMKM Handycraf.

Limbah kayu yang didapatkannya ini kemudian di sulap menjadi kerajinan tangan yang menarik seperti lampu tidur dan bunga replika. Selain limbah kayu, eko juga menggunakan batang dan bunga pohon pinus untuk dijadikan kerajinan tangan seperti pohon natal.

Hasil kerajinan tangan ini berbeda dengan kerajinan tangan yang lainnya. eko menjelaskan bahwa kerajinan tangan milik UMKMnya berbeda dengan yang ada di pasaran, yang dimana tidak asal tempel dan memang alami. karena kealamian ini membuat orang-orang manca negara tertarik dengan kerajinan tangan limbah kayu dari UMKM Handycraf asal desa Sumberjo.

UMKM yang telah ada sejak 7 tahun yang lalu ini bahkan pernah mengirimkan sample ke luar negeri, seperti cina. Karena bentuknya yang alami membuat orang-orang manca negara ingin membeli hasil kerajinan tangan UMKM Handycraf ini.

Namun meskipun sudah mengrimkan sample tersebut, UMKM ini tidak langsung menerima pemesanan Handycraf yang dipesan oleh orang-orang yang telah dikirimkan sample, ini karena jumlah pemesanan yang banyak dan dalam waktu yang singkat dalam mencari limbah kayu hingga membuatnya menjadi kerajinan lampu tidur.

Meskipun UMKM yang berasal dari desa, UMKM ini tidak kalah dengan UMKM yang ada di kota-kota besar.

VIDEO PILIHAN