Mohon tunggu...
Wira ApritamaNurcahyono
Wira ApritamaNurcahyono Mohon Tunggu... Mahasiswa - From Bali

Mahasiswa UIN Maliki Malang prodi Manajemen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Konsep Masyarakat Madani di Indonesia

4 November 2021   23:57 Diperbarui: 5 November 2021   00:07 230
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Individu dalam hubungan bermasyarakat haruslah sesuai konsep moral dan norma masyarakat itu. Dengan mempertimbangkan konsep kemasyarakat itu sendiri, seorang individu harus menyeimbangkan kepentingan individual  dengan kepentingan masyarakat. Konsep masyarakat bagaimana yang sesuai? dengan menyeimbangkan individu dengan masyarakat itu? masalah yang sering terjadi adalah di saat individu membebaskan dirinya tanpa memikirkan keseimbangan yang terjadi di masyarakat, yang akhirnya terjadi krisis bermasyarakat. Maka haruslah di dalam masyarakat itu tercipta suatu konsep bermasyarakat yang pas agar terjadinya keseimbangan antara individu dengan masyarakat.

Masyarakat Madani adalah suatu konsep kemasyarakatan di mana moral tumbuh di dalam masyarakat hingga terjadinya keseimbangan antara individu dan masyarakat. Tentu saja individu di sini tidakk terbelenggu sepenuhnya dengan masyarakat, masih memiliki kebebasan namun dengan mempertimbangkan kestabilan masyarakat. 

Konsep Masyarakat Madani:

Apa itu masyarakat madani? adalah suatu corak kehidupan masyarakat yang terorganisir, mempunyai sifat kesukarelaan, keswadayaan, kemandirian, namun mempunyai kesadaran hukum yang tinggi.  Masyarakat yang memiliki kesadaran untuk hidup  bermasyarakat yang lebih baik dan terorganisir dengan baik.

Masyarakat madani dengan hukum dan norma cukup untuk mengorganisir seluruh lapisan masyarakat yang besar sekalipun.

karakter Masyarakat Madani

Masyarakat Madani adalah Masyarakat yang bersifat maju dan beradab. Biasanya masyarakat madani memiliki kesuraleaan dan kesadaran untuk mencapai tujuan bersama dan tidak ada paksaan diantara mereka. Memiliki harga diri yang tinggi dan memiliki otonom diri  yang kuat untuk membentuk bentuk masyarakat mereka sendiri tanpa perlu untuk dibantu oleh negara maupun lembaga negara lainnya. Memiliki kemandirian yang tinggi di setiap sendi masyrakat dari individu hingga kelompok masyarakatnya. Memiliki ikatan yang kuat terhadap hukum dan nilai yang tercipta dan yang mereka sepakati bersama dan bukan dari kekuasaan negara.

Masyarakat madani juga memiliki nilai spiritualitas yang tinggi terhadapt tuhan yang maha esa. Masyarakat yang demokratis, saling menghargai hak, dan berpendirian pengetahuan yang tinggi.

Masyarakat di indonesia adalah masyarakaat yang beragam yang memiliki perbedaan di berbagai bidang seperti budaya,  agama, pola pikir, dan lain lain. DI tengah tengah itu tumbuh norma dan nilai moral yang menjadi penyeimbang di antara perbedaan itu. 

Masyarakat memiliki karakter yang beragam namun senantiasa bertoleran dan menghargai perbedaan. Masyarakat Madani sangatlah penting dengan bentuk masyarakat Indonesia. Masyarakat madani pun sudah sering dicita citakan semenjak zaman kolonialisme dengan kesadaran membentuk negara mereka sendiri dan membentuk masyarakat mereka secara mandiri.

masyarakat indonesia selalu dalam kesusahan dan selalu dihadapi oleh tantanagan dalam menciptakan masyarakat madani, sehingga dibutuhkan waktu yang panjang serta proses yang panjang dalam menciptakan masyarakat yanng madani. Namun proses demi proses masyarakat madani mulai mengalami perkembangan semenjak indonesia merdeka dan menyatakan kedaulatannya kepada dunia bahwa Indonesia sudah bebas dari jajahan atau kolonialisme dari bangsa barat. Sedikit demi sedikit masyaraakat indonesia mulai  berkembang  dengan banyaknya terlahir kaum kaum cendikiawan dan nasionalis serta kaum masyarakat menengah dan atas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun