Mohon tunggu...
Ronald Reagen
Ronald Reagen Mohon Tunggu... Freelancer - Ayah dari 2 orang anak

memiliki tinggi 170 cm. berat badan 67 kilogram..mata sipit, hidung gede, mulut lebar plus tebal,kulit putih bersih

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Atas Nama Cinta

15 Desember 2019   14:22 Diperbarui: 15 Desember 2019   15:55 44
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Di aliri Sungai Adige, Italia Utara, roman yang berakhir tragis dan menyebabkan tragedi ini dimulai. Adalah Romeo dan Juliet, penduduk kota Verona, lahir dari keluarga bangsawan yang bertikai. Dengan apik, tragedi dimunculkan oleh William Shakepear. plot yang menegangkan, konsen dramatik berjalan penuh dengan sesak dan pengharapan yang berakhir dengan pasangan yang memilih racun dan pisau sebagai pembuktian dari rasa cinta- ya mereka mati dalam cinta.

Tentu para penonton berharap roman ini berakhir bahagia, dimana romeo dan juliet menikah dan punya anak. tapi shakespear tidak membiarkan harapan ini hidup. sedikit plot yang dibiarkan tumbuh oleh shakespear adalah perdamaian. Ya, perdamaian dua keluarga yang bermusuhan. Pelukan Capulet dan Montague, sebagai tanda islah, tanda peperangan dua keluarga dihentikan adalah produk cinta dari Romeo dan Juliet yang penuh dengan tragedi- tentunya diluar ekspektasi pembaca.

Shakespear atas nama cintanya pada pementasan drama dan kehidupan, meletakkan konsen cinta tidak bisa tumbuh mulus. selalu ada pengorbanan. karena tanpa ada kematian Romeo dan Juliet,Capulet dan Montague tidak akan mau berpelukan.

..............................

Di priode 30an SM, tersebutlah seorang Fira'un ke VII yang bernama Cleopatra.Dinasti Fir'aun penutup ini terkenal cantik dan luar biasa. lahir dari pertikaian perebutan kekuasaan di mesir, cleopatra menjadi orang terbuang. kecantikannya berakhir mubazir pada pengasingan.

Kisah cleopatra dan kecantikan beserta kepintarannya tidak mengikhlaskan dia tumbuh di zona pengasingan! cleopatra yang resah membangun ittikad, membangun muslihat!

Adalah Julius Caesar sebagai pintu masuk dari cleopatra dalam bermuslihat. mesir dikala itu adalah sebuah wilayah penundukan romawi, mendapatkan seorang raja yang bergelimang hutang dengan si Julius. hal ini memantik strategi dari si Cleopatra untuk berlabuh di pelukan Julius yang perkasa itu.

Mimpi cleopatra untuk menjadi penguasa Romawi dan mesir tidak bisa tumbuh dari pelukan si Julius. walaupun dia memastikan, hasil pergumulan ranjangnya telah berbuah seorang putra, tapi sial. Cleopatra adalah selir julius, bukanlah ratu, yang dalam pertarungan, anak selir tetaplah anak selir, selir tetaplah selir. sekali lagi, mimpi Cleopatra hampir terbabat.

Demi menjaga mimpinya, diatas meja jamuan, perundingan dimulai. Marc anthony yang jatuh cinta kepada Cleopatra, membangun permufakatan jahat. diatas ranjang dan birahi yang membuncah, keputusan untuk meletakkan racun di jantung Julius dilakukan - ya, melalui tangan brutus dan casius didepan gedung senat yang terhormat, Julius jatuh beserta kekuasaanya. akhirnya kekuasaan Romawi segera berpindah tangan ke Marc Anthony.

Cleopatra yang lihai berhasil merangsek kekuasaan. cleopatra akhirnya berbagi kekuasaan dengan Marc Anthony. tetapi jalinan kekuasaan, lendir, pelukan dan ranjang tidak bisa utuh ditempatkan didalam satu piala anggur. selalu ada yang ingin mendapatkan piala tersebut. Cinta Marc dan Cleopatra juga harus berakhir tragis, membuncah pada tragedi.

Setelah muslihat cleopatra menemukan tujuannya. harapan akan keabadian tidak bisa lagi dipertahankan oleh Cleopatra setelah Octavianus-anak angkat Julius- datang mengangkat pedang di lapangan peperangan. dia berhasil mengalahkan Marc Anthony secara beruntun, dan membuat kekuasaan Romawi dan mesir jatuh kedalam kekuasaan tunggalnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun