TUGAS ESSAY
UNTUK MEMENUHI UJIAN TENGAH SEMESTERÂ
MATA KULIAH: PSIKOLOGI PENDIDIKANÂ
DOSEN PENGAMPU: NAILI ROFIQOH, S.Psi., M.Si
TRI AYUNI PRATIWI (1903016031)
Â
PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM PROSES BELAJAR ANAK
Materi: Pengertian dan Jenis-jenis Belajar
Ada beberapa pendapat yang dikemukakan oleh beberapa ahli tentang definisi belajar. Â Menurut Lyle E. Bourne, JR., Bruce R. Ekstrand berpendapat, belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatif tetap yang diakibatkan oleh pengalaman dan latihan. Menurut Clifford T. Morgan, ia berpendapat belajar adalah perubahan tungkah laku yang relatif tetap yang merupakan hasil pengalaman yang lalu. Menurut Dr. Musthofa Fahmi, sesungguhnya belajar adalah (ungkapan yang menunjuk) Â aktivitas (yang menghasilkan) perubahan-perubahan tingkat laku atau pengalaman. Meurut Guilford, belajar adalah perubahan tingkah laku yang dihasilkan dari rangsangan. Dari beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa, belajar adalah perubahan tingkah laku yang relatif tetap yang terjadi karena latihan dan pengalaman.
Dengan kata lain yang lebih rinci, belajar adalah suatu aktivitas atau usaha yang disengaja. Aktivitas tersebut menghasilkan perubahan, berupa sesuatu yang baru baik yang segera nampak atau tersembunyi tetapi juga hanya berupa penyempurnaan terhadap sesuatu yang pernah dipelajari. Perubahan-perubahan itu meliputi perubahan keterampilan jasmani, kecepatan perseptual, isi ingatan, abilitas berpikir, sikap terhadap nilai-nilai dan inhibisi serta lain-lain fungsi jiwa (perubahan yang berkenaan dengan aspek psikis dan fisik). Perubahan tersebut relatif bersifat konstan. [1]
Â