Mohon tunggu...
Lily Trisnawati
Lily Trisnawati Mohon Tunggu... Teknisi - Hamba Allah yang sedang belajar dan memanfaatkan sains untuk kehidupannya

Langit yang biru senantiasa menggemakan suara indahmu ~Rumi~ ...Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS Az Zumar: 53)

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Mencari Hikmah

25 Oktober 2019   05:16 Diperbarui: 25 Oktober 2019   05:23 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Dalam setiap kehidupan, aku percaya Allah swt. selalu memberikan petunjuk-Nya lewat berbagai hal yang terjadi di kehidupanku. Lalu, bagaimana agar aku bisa menjadi hamba yang diberi petunjuk-Nya?

Pagi hari, 17 September 2019, tidak sengaja mendengar pengajian mingguan di masjid dekat kost. Aku langsung mencatatnya sebagai ilmu baru, dan ingin mengintegrasikan dalam bidang lain. Aku mendengar Ustad berbicara lewat mikrofon masjid, "Cara mencari hikmah adalah dengan bertanya pada Allah SWT di setiap kejadian kehidupan". 

Pertanyaan seperti apa yang dimaksud oleh Ustad, bisa seperti " Ya Allah, ada apa di balik kejadian ini?". Lalu, tiba-tiba aku berpikir, apakah aku sudah banyak melakukan hal itu?karena begitu banyak kejadian yang terlewat pastinya, tanpa aku meminta untuk mendapat hikmah. 

Kenapa harus bertanya seperti itu?karena aku mungkin akan sulit mendapat hikmah. Lalu, apakah hikmah penting?Menurutku, iya. Karena hikmah membuat diriku bahagia dan sebagai usaha diri untuk tidak menyesal yang akhirnya akan menyalahkan diri sendiri. Banyak alasan dari berbagai pikiran yang akan timbul dan mungkin itu akan membuat diriku belajar hal baru. 

Hikmah tidak selalu tentang kejadian kurang menyenangkan atau kurang berkenan atas diri aku, karena kejadian yang memang aku harapkan dan itu terjadi, aku pun jadi berpikir, kenapa ada kejadian yang memang aku inginkan dan terjadi?

Salah satu pembelajaran yang aku dapat yaitu tentang ujian. Ujian bagaimana sikap aku ketika kejadian itu bisa membuat diriku tetap mendekat padaNya atau malah semakin merasa sudah puas lalu menjauh karena sudah sesuai keinginan?

Dan aku selalu berdo'a agar kejadian itu tidak membuatku banyak lalai, ah aku masih manusia yang mudah tergiur dengan kesenangan sesaat. Oleh karena itu, Ustad itu berharap aku selalu bertanya pada Allah swt. agar setiap kejadian yang terlewat tidak banyak membuat lalai dan lupa memetik pembelajaran. 

selamat belajar kawan!

#jumatbarakah

#alkahfi-time

#shalawat-time

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun