Lily Trisnawati
Lily Trisnawati Pengajar MIPA

Pengajar Mipa SMP, awam terlatih pertolongan pertama.

Selanjutnya

Tutup

Ceritaramlan

Proses Mencapai Tujuan Utama

16 Mei 2018   23:22 Diperbarui: 16 Mei 2018   23:26 176 0 0

Marhaban yaa Ramadan.

Ramadan merupakan bulan diwajibkan berpuasa setiap muslim yang baligh (dewasa), berakal, dalam keadaan sehat, dan dalam keadaan mukim (tidak bersafar). Puasa ramadan esok hari adalah ibadah menahan diri atau berpantang makan, minum, dan segala yang membatalkannya mulai terbit fajar sampai terbenam matahari menurut daring KBBI edisi V.

Lalu, bagaimana agar ibadah puasa ramadan dapat berjalan lebih baik dari tahun lalu dan tidak sia-sia atau mendapat pahala keberkahan ramadan?

Target, ya kita harus memiliki target. Target atau sasaran (batas ketentuan dan sebagainya) yang telah ditetapkan untuk dicapai dalam daring KBBI edisi V.

Sesuatu yang kita tetapkan untuk dicapai dalam puasa ramadan tahun ini dilakukan selama 29 atau 30 hari. Tujuan paling utama dari puasa ramadan adalah taqwa. Namun, bagaimana agar taqwa tersebut kita raih?kita butuh target kecil pendukungnya untuk menuju tujuan utama tersebut. Target kecil ini yang dapat kita lakukan dalam rutinitas hingga akhirnya tanpa sadar kita sedang berjalan dalam tujuan utama tersebut.

Target kecil pendukung ini kita butuhkan agar kita memiliki tujuan, fokus, motivasi diri, dan sensitif dengan kesempatan untuk menuju tujuan utama. Dengan memiliki tujuan kita jadi tahu apa yang harus dilakukan pada puasa ramadan. Kegiatan yang kita lakukan ada semangat di dalamnya bukan hanya sebagai penggugur kewajiban. Target yang jelas membuat kita fokus mencapai tujuan utama sehingga ada rambu-rambu dalam setiap aktivitas agar teringat kembali tujuan utama.

Target juga dapat memotivasi diri agar semangat dalam aktivitas dan menikmati apa yang sedang kita lakukan. Menikmati puasa ramadan dengan berbagai aktivitas kebaikan. Aktivitas kebaikan yang datang dalam agenda kita dapat dijadikan kesempatan untuk berproses dalam menuju tujuan utama.

Bagaimana cara menetapkan target tersebut?

Target yang dapat kita tetapkan boleh sama, atau sedikit di atas yang telah kita capai sebelumnya di bulan puasa tahun lalu, atau ada sumber terpecaya yang mengatakan pada kita bahwa target tersebut cukup bisa dicapai. Diri sendiri yang lebih tahu apa target di bulan puasa tahun ini. Karena target tersebut akan menyesuaikan dengan kemampuan kita saat ini. Diskusi dengan sahabat atau orang terdekat juga bisa mengukur kemampuan diri dari kacamata orang lain sehingga kita bisa melihat kelemahan dan kekuatan lain.

Adanya target di bulan puasa ini adalah proses untuk mencapai tujuan utama dan semoga menjadikan waktu yang kita lalui menuai keberkahan. Aamiin

Selamat membuat target dan menjalankan ibadah puasa dengan penuh semangat :)