Mohon tunggu...
Lily Trisnawati
Lily Trisnawati Mohon Tunggu... just ordinary girl

Langit yang biru senantiasa menggemakan suara indahmu ~Rumi~

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Teori dan praktik Usaha

22 April 2018   18:31 Diperbarui: 23 April 2018   03:49 0 2 0 Mohon Tunggu...
Teori dan praktik Usaha
Sumber gambar www.inspirasi.co

Usaha yang memiliki rumus matematis gaya dikali perpindahan (W = F x s) berarti adanya dorongan yang menyebabkan perpindahan. Usaha akan semakin besar bila gaya dan perpindahan juga besar. Namun, kenyataannya gaya yang terlalu banyak tidak terlalu baik dilakukan tanpa adanya perpindahan yang lebih banyak. Dorongan atau gaya memiliki arah, yang nantinya akan memberikan hasil akhir arah mana yang dominan sehingga akan berpengaruh terhadap usaha yang dilakukan.

Setiap hari usaha dapat dilakukan oleh siapapun. Dorongan yang bisa menimbulkan pun banyak, berupa kegiatan rutin atau tentatif, secara langsung maupun tak langsung. 

Arah dorongan sangat memengaruhi usaha yang dihasilkan, bila arah yang ditimbulkan berlawanan, hasil penjumlahan dorongan yang menentukan arah usaha tersebut. Misalnya, arah kanan bernilai positif maka arah kiri bernilai negatif, seperti memiliki teman yang banyak mengingatkan, kebaikan usaha yang akan tampak pun sama demikian sebaliknya.

Arah dorongan tersebut adalah diri sendiri yang menentukan, apa yang ingin diperbanyak hingga usaha pun memiliki arah yang sama. Mungkin inilah mengapa alasan berpikir positif memiliki kekuatan tak langsung terhadap arah usaha seseorang untuk melakukan hal sama terhadap apa yang dipikirkan. Selain arah dorongan, perpindahan juga memengaruhi usaha. Perpindahan memiliki arti perubahan dari keadaan awal. Belajar salah satu contoh usaha yang dapat dilakukan secara sadar untuk  mengalami perubahan dari keadaan tidak tahu menjadi tahu terhadap suatu pengetahuan dan itu dapat dilakukan oleh siapapun. Semoga dapat memberi manfaat. 

Telah disunting oleh Evi Retno C. Dewi

VIDEO PILIHAN