Mohon tunggu...
Dara Raihatul Jannah
Dara Raihatul Jannah Mohon Tunggu... lihat lalu tulis, dengar lalu tulis, baca lalu tulis

Menjadi seorang pemberani itu sulit. Tapi Menjadi seorang pecundang memalukan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kepemimpinan

16 Desember 2019   01:08 Diperbarui: 16 Desember 2019   01:11 16 0 0 Mohon Tunggu...

Bismillahirrahmanirrahim.....

           kepemimpinan berasal dari kata "Pimpin" yang memuat dua hal pokok, yaitu pemimpin sebagai subjek dan yang dipimpin sebagai objek. Kata"Pimpin" mengandung pengertian mengarahkan, membina atau mengatur, menuntut, juga menunjukkan ataupun memengaruhi. Pemimpin mempunyai tanggung jawab baik secara fisik maupun spiritual terhadap keberhasilan aktivitas kerja dari yang dipimpin, sehingga menjadi pemimpin itu tidak mudah dan tidak setiap orang mempunyai kesamaan di dalam menjalankan kepemimpinannya. (Joko Rizkie Widokarti:2013)

           George R. Terry (2006: 495) menjelaskan "kepemimpinan sebagai bentuk dari kegiatan-kegiatan untuk mempengaruhi orang-orang agar mau bekerja sama unutk mencapai tujuan kelompok secara sukarela."Dari pendefinisan tersebut kita bisa melihat keterkaitan antara pemimpin dengan berbagai kegiatan yang dihasilkan oleh pemimpin tersebut. pemimpin adalah seseorang yang dapat mempersatukan orang-orang dan mengarahkannya untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk mencapai tujuan yang diinginkan pemimpin maka ia harus mempnyai kemampuan unutk mengatur lingkungan kepemimpinannya.

Lantas bagaimana cara seorang pemimpin mampu untuk mengatur lingkungan kepemimpinannya? Jawabannya tentu dengan Ilmu Kepemimpinan. seorang pemimpin tanpa bekal, maka hanya akan menjadi sia-sia atau sekedar nama saja. Oleh karenanya, penulis akan menjelaskan beberapa point penting tentang Kepemimpinan.  

Unsur Kepemimpinan

1. Pemimpin: sosok yang memiliki wewenang untuk memimpin serta berperan mendelegasikan tugas

2. Anggota: membantu pemimpin sesuai tugas-tugasnya

3. Misi-tujuan-target: landasan filosofis dan budaya dari sebuah kepimpinan yang akan atau tengah dijalankan

Karakteristik Pemimpin

1. seorang pemimpin sebaiknya adalah seseorang yang memiliki kecerdasan cukup tinggi. Kecerdasan yang dimaksud adalah kecerdasan dalam memahami kondisi dengan cepat dan tanggap terhadap berbagai permasalahan serta mampu memperhatikan skala priotitas.

2. Memiliki kecakapan komunikasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN