Mohon tunggu...
Kang Miftah
Kang Miftah Mohon Tunggu... Administrasi - Kontributor Kompasiana

Kompasianer 2012 Hp : 081586662186

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Yang Menarik di Hari Lanjut Usia Nasional 2023

29 Mei 2023   14:25 Diperbarui: 29 Mei 2023   14:36 321
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tanggal 29 Mei diperingati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN). HLUN merupakan sebuah ikhtiar dari Negara Republik Indonesia untuk mengapresiasi semangat jiwa raga serta menghargai peran penting dan strategi para lanjut usia di Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa. Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2023 kali ini mengusung tema "Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat".

               

Yang menarik, pada peringatan HLUN 2023, tepatnya di lapangan Atsiri Permai Bojong Gede Kabupaten Bogor, Klinik Qita Saja bersinergi dengan Persadia Unit Atsiri Permai dan  Komunitas BEPers Atsiri Permai serta masyarakat sekitar menyelenggarakan serangkaian acara berupa senam bersama, edukasi  lansia sehat, bugar dan Produktif, ragam permainan menarik yang disesuaikan dengan kondisi Lansia serta pemberian hadiah kepada lansia paling senior yang berkomitmen menjaga kesehatan.

Dalam kesempatan terpisah, dr.Elis Tiahesara, Sp,KKLP selaku Owner Klinik Qita Saja menjelaskan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pemahaman kepada lansia dan keluarga, masyarakat serta pemangku kebijakan bahwa lansia yang terawat akan berbeda dengan yang tidak terawat. "lansia terawat, berawal dari perjalanan kehidupan seseorang mulai dari Rahim ibunya sampai saat ini. Life style yang baik sejak dini, sangat berpengaruh besar terhadap keberlangsungan hidup di masa mendatang", ujar dokter Elis

Dokter Elis menambahkan, menjadi lansia merupakan suatu keniscayaan. "Bila kita memiliki umur panjang, pasti akan menjadi lansia  dan sejalan dengan itu bagi seseorang yang dalam kehidupannya mampu memberikan manfaat, maka dia akan merasakan kebahagiaan sejati", tegasnya.

Pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional kali ini, pada sore harinya dokter Elis membagikan bunga mawar kepada pasien lansia yang berobat ke Klinik Qita Saja sebagai ekspresi rasa cintanya kepada para lansia seraya menyerukan para lansia untuk terus berupaya hidup sehat, produktif dan bahagia.  "Untuk mewujudkan harapan di atas, maka dukungan serta peran keluarga sangat dibutuhkan" pungkasnya.

dok. pribadi
dok. pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun