Mohon tunggu...
Kang Miftah
Kang Miftah Mohon Tunggu... Administrasi - Kontributor Kompasiana

Kompasianer 2012 Hp : 081586662186

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Donor Plasma Konvalesen Karena Dorongan Kemanusiaan

17 Februari 2021   08:20 Diperbarui: 17 Februari 2021   08:23 284
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Andri Kurniawan (Dokpri)

Bernama lengkap Andri Kurniawan, adalah karyawan RSUD Cibinong dan merupakan satu dari sekian banyak orang yang sempat tertular virus korona kemudian sembuh. Pria yang akrab disapa Andri ini kesehariannya bertugas di Instalasi Gawat Darurat.

Tepatnya 16 Desember 2020 lalu, awal mula ketika dirinya melakukan pemeriksaan Swab dan hasilnya dinyatakan positif Covid19, andri diharuskan menjalani isolasi mandiri selama dua minggu. "Selama masa isolasi di rumah, saya tetap jalani protokol kesehatan, komunikasi dengan keluarga dibatasi, semuanya pakai masker, banyak minum vitamin, makan teratur dan istirahat cukup", tandasnya.

Andri menceritakan bagaimana saat dirinya melewati masa masa isoasi mandiri dengan segala pantangan dan asupan makanan yang ia konsumsi dan berakhir sembuh. Setelah dinyatakan sehat, atas dasar kemanusiaan, hati nurani andri tergerak untuk mendonorkan plasma darah. "Perasaan saya senang ketika bisa berkontribusi membantu pasien yang terkena Covid19", ujar Andri.

Pria yang berprofesi sebagai perawat dan sudah bekerja selama sepuluh tahun di RSUD Cibinong ini menceritakan prosedur yang telah dilewati untuk dapat mendonorkan plasma darahnya. Dari mulai swab tes hingga pengecekan darah di laboratoium untuk mengetahui kondisi tubuh dan beberapa analisa lainnya. Kemudian setelah dinyatakan layak, langsung di perbolehkan mendonorkan plasma konvalesen.

Pelaksanaan donor plasma itu sendiri dilakukan di PMI Kabupaten Bogor. "Saat proses pengambilan darah, saya tidak mengalami keluhan apapun, pokoknya merasa nyaman, badan tetap fit dan sehat. " tegas andri. Selama tiga puluh menit, tangannya tidak bergerak dengan posisi jarum menempel di tangan, bapak dua anak ini tetap nyaman menikmati suasana.

Andri berharap, kepada warga masyarakat yang pernah positif Covid19 untuk dapat membantu sesama dengan menjadi pendonor plasma. "Saya dalam dalam waktu dekat akan donor untuk yang kedua kali dan sangat percaya  bahwa dari satu labu darah plasma konvalesen (darah kuning) yang di donorkan, dapat menyelamatkan satu nyawa manusia" pungkas Andri.

dok.Pribadi
dok.Pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun