Mohon tunggu...
Kang Miftah
Kang Miftah Mohon Tunggu... Kontributor Kompasiana

Kompasianer 2012 Hp : 081818153222

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

PKM Cigombong Ajak Warga Donor Darah

27 November 2020   06:38 Diperbarui: 27 November 2020   06:40 26 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PKM Cigombong Ajak Warga Donor Darah
Suasana Acara Donor Darah (Dok. pribadi)

Kamis, 26 November 2020 bertempat di aula Puskesmas Cigombong Kabupaten Bogor telah dilangsungkan acara Donor Darah yang diikuti oleh lapisan masyarakat terdiri dari keluarga ibu hamil, kader, staf kecamatan dan tenaga kesehatan Puskesmas. Kegiatan kemanusiaan yang berlangsung selama satu hari ini berjalan lancar dan mendapat respon positif dari masyarakat.

Dr. Sukarni, MKM selaku ketua panitia menuturkan, tujuan kegiatan donor darah selain untuk menyiapkan ketersediaan darah khususnya bagi ibu hamil dalam upaya Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K), dimana perdarahan pasca salin sebagai salah satu penyebab kematian ibu, juga untuk mempersiapkan ketersediaan darah bagi masyarakat yang membutuhkan tranfusi darah.

(Dok. pribadi)
(Dok. pribadi)
Kegiatan donor darah ini terselenggara berkat kerjasama Puskesmas dengan UTD PMI Kabupaten Bogor, Kecamatan Cigombong serta didukung penuh oleh jajaran staf puskesmas Cigombong. "Dengan adanya kegiatan donor darah ini, semoga dapat membantu ibu hamil maupun pasien yang membutuhkan tranfusi bisa terlayani dengan cepat, sehingga pasien dapat terselamatkan", ujar dokter Sukarni.

Di sela acara, dokter Sukarni yang juga sekretaris IDI dan penanggung jawab PONED dan PJ UKM Puskesmas Cigombong memberikan pesan singkat kepada masyarakat. Pertama, dimasa pandemi seluruh lapisan masyarakat diharapkan sama sama menjalankan protokol kesehatan dan bertanggung jawab melakukan upaya pencegahan penularan covid-19 dengan cara melakukan 3 M (Menjaga jarak, Memakai masker dan Mencuci tangan).

Kedua, disaat jumlah pendonor semakin sedikit, sedangkan angka pasien yang membutuhkan tranfusi cukup banyak, maka peran serta masyarakat sebagai pendonor sangat dibutuhkan. Hal ini menjadi ichtiar positif agar masyarakat bisa berjalan bergandengan tangan saling membantu antar sesama

Ketiga, sebagai langkah antisipasi bila terjadi komplikasi saat persalinan yang membutuhkan tranfusi darah, maka kepada keluarga ibu hamil untuk dapat menyiapkan donor darah. "Sumbernya bisa dari suami, keluarga, teman maupun kader", tegasnya.

Tim Nakes PKM Cigombong (Dok. pribadi)
Tim Nakes PKM Cigombong (Dok. pribadi)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x