Mohon tunggu...
Kang Miftah
Kang Miftah Mohon Tunggu... Administrasi - Kontributor Kompasiana

Kompasianer 2012 Hp : 081586662186

Selanjutnya

Tutup

Healthy

PKM Cigombong Ajak Warga Donor Darah

27 November 2020   06:38 Diperbarui: 27 November 2020   06:40 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana Acara Donor Darah (Dok. pribadi)

Kamis, 26 November 2020 bertempat di aula Puskesmas Cigombong Kabupaten Bogor telah dilangsungkan acara Donor Darah yang diikuti oleh lapisan masyarakat terdiri dari keluarga ibu hamil, kader, staf kecamatan dan tenaga kesehatan Puskesmas. Kegiatan kemanusiaan yang berlangsung selama satu hari ini berjalan lancar dan mendapat respon positif dari masyarakat.

Dr. Sukarni, MKM selaku ketua panitia menuturkan, tujuan kegiatan donor darah selain untuk menyiapkan ketersediaan darah khususnya bagi ibu hamil dalam upaya Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K), dimana perdarahan pasca salin sebagai salah satu penyebab kematian ibu, juga untuk mempersiapkan ketersediaan darah bagi masyarakat yang membutuhkan tranfusi darah.

(Dok. pribadi)
(Dok. pribadi)
Kegiatan donor darah ini terselenggara berkat kerjasama Puskesmas dengan UTD PMI Kabupaten Bogor, Kecamatan Cigombong serta didukung penuh oleh jajaran staf puskesmas Cigombong. "Dengan adanya kegiatan donor darah ini, semoga dapat membantu ibu hamil maupun pasien yang membutuhkan tranfusi bisa terlayani dengan cepat, sehingga pasien dapat terselamatkan", ujar dokter Sukarni.

Di sela acara, dokter Sukarni yang juga sekretaris IDI dan penanggung jawab PONED dan PJ UKM Puskesmas Cigombong memberikan pesan singkat kepada masyarakat. Pertama, dimasa pandemi seluruh lapisan masyarakat diharapkan sama sama menjalankan protokol kesehatan dan bertanggung jawab melakukan upaya pencegahan penularan covid-19 dengan cara melakukan 3 M (Menjaga jarak, Memakai masker dan Mencuci tangan).

Kedua, disaat jumlah pendonor semakin sedikit, sedangkan angka pasien yang membutuhkan tranfusi cukup banyak, maka peran serta masyarakat sebagai pendonor sangat dibutuhkan. Hal ini menjadi ichtiar positif agar masyarakat bisa berjalan bergandengan tangan saling membantu antar sesama

Ketiga, sebagai langkah antisipasi bila terjadi komplikasi saat persalinan yang membutuhkan tranfusi darah, maka kepada keluarga ibu hamil untuk dapat menyiapkan donor darah. "Sumbernya bisa dari suami, keluarga, teman maupun kader", tegasnya.

Tim Nakes PKM Cigombong (Dok. pribadi)
Tim Nakes PKM Cigombong (Dok. pribadi)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun