Mohon tunggu...
ERICA BELLA ARMELIA
ERICA BELLA ARMELIA Mohon Tunggu... Mahasiswi S1 Gizi

Svastha harena

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Peristiwa di Balik Bahasa Indonesia

31 Oktober 2020   18:16 Diperbarui: 31 Oktober 2020   18:23 16 1 0 Mohon Tunggu...

Sumpah Pemuda, siapa yang tidak tahu tentang peristiwa itu? Bagi Negara Indonesia itu adalah peristiwa penting yang menjadi awal bermulanya bahasa Indonesia. Nah, bagaimana dengan awal mula bahasa Indonesia itu tercetus? yuk kita bahas

Indonesia adalah negara kepulauan dengan banyak sekali perbedaan mulai dari agama, ras hingga adat istiadat. Kebutuhan akan komunikasi yang baik dan lancar tentu saja diperlukan untuk berinteraksi satu dengan yang lain oleh karena kehadiran bahasa sebagai alat komunikasi diperlukan oleh negara ini. Bahasa Indonesia sendiri diyakini sebagai perkembangan dari bahasa Melayu, hal ini dibuktikan dengan adanya prasasti di Kerajaan Sriwijaya dan penggunaan bahasa Melayu di zaman Kerajaan Malaka.

Sejak saat itu, timbul lah berbagai peristiwa untuk menyempurnakan penggunaan bahasa Indonesia. Dimulai dengan munculnya ejaan van Ophyusen yang masih menggunakan huruf j untuk kata seperti saijang dan huruf oe untuk kata seperti satoe. Kemudian dilanjutkan dengan ejaan republik atau Soewandi yang mulai menggunakan huruf u untuk menggantikan oe dan menuliskan kata ulang menggunakan angka 2 seperti jalan2 hingga munculnya EYD yang diresmikan pada tahun 1972.

Selain untuk berkomunikasi, kegunaan bahasa ini sangat penting bagi suatu negara yaitu sebagai identitas diri dan kebanggaan akan negaranya karena melalui bahasa akan ditemukan logat dan dialek khas yang menjadikan bahasa itu sangat istimewa bagi penuturnya. Nah, sebagai generasi muda Indonesia harus mulai melestarikan bahasa Indonesia dengan cara menuturkan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari - hari. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x