Mohon tunggu...
2240020003 IKKE ERIKA
2240020003 IKKE ERIKA Mohon Tunggu... Assalaamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Selamat datang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Sejarah Mikroskop

28 November 2020   16:10 Diperbarui: 28 November 2020   16:14 66 3 0 Mohon Tunggu...

Mikroskop adalah sebuah alat untuk melihat objek  yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang.

Mikroskop berasal dari kata latin 'micro' yang berarti kecil, dan kata Yunani 'scopos' yang berarti melihat. Mikroskop merupakan alat atau instrumen yang sangat penting untuk mempelajari sel dan strukturnya.

Menurut sejarah, orang yang pertama kali berfikir untuk membuat alat yang bernama mikroskop unu adalah Zacharias Janssen. 

Zacharias Janssen sendiri adalah seorang yang sehari-harinya bekerja sebagai pembuat kacamata. Dia membuat mikroskop pertama kali pada tahun 1590 dengan panjang 6kaki ( 1,8 meter ).

Mikroskop yang dibuat saat itu mampu melihat perbesaran objek hingga 150x  dari ukuran aslinya.

Namun Zacharias Janssen bukan dikatakan bapak mikroskop, karena yang dikatakan pembuat mikroskop adalah pada jaman Anthony Van Leeuwenhoek. Dimana Zacharias Janssen hanya membuat alat tersebut untuk melihat objek agar terlihat lebih besar dari aslinya, namun tidak digunakan untuk mengamati struktur sel.

Kemudian seorang berkebangsaan Belanda bernama Anthony Van Leeuwenhoek terus mengambangkan pembesaran mikroskop. Ia awalnya menggunakan mikroskop tersebut untuk mengamati serat pada kain, Anthony Van Leeuwenhoek sendiri adalah orang yang berprofesi sebagai 'wine terster' .

Setelah itu ia menggunakan mikroskopnya untuk mengamati air sungai, air hujan, ludah, feses dan lain sebagainya.

Ia sangat tertarik dengan banyaknya sesuatu yang bergerak di objek yang diamati yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Kemudian Anthony Van Leeuwenhoek dan Robert Hooke membuat penyesuaian lensa untuk digunakan dalam pengamatan struktur sel. Robert Hooke seorang berkebangsaan Inggris, yang dikenal sebagai penemu mikroskop majemuk ( 1665 ). Dia adalah orang pertama yang meneliti sel.

Mikroskop terdiri dari dua jenis, yaitu : 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN