Mohon tunggu...
20_24_Jordi Hendra Saputra
20_24_Jordi Hendra Saputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Ingin sukses dengan karya.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Konsumsi Modifikasi Olahan Makanan Jahe Merah Sebagai Upaya Peningkatan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi

1 Desember 2021   07:57 Diperbarui: 1 Desember 2021   08:06 159 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://i.pinimg.com/474x/f0/80/23/f08023e1d800ef4c07dcc08982772e40.jpg

Coronavirus Disease-2019 (Covid-19) merupakan penyakit infeksi pernapasan akut yang bermula di Wuhan, Tiongkok, pada bulan Desember 2019. Penyakit ini disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 (Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus) dengan tingkat penularannya sangat cepat dan saat ini telah melanda di berbagai wilayah Negara di dunia dan menjadi permasalahan yang serius disebabkan jumlah kasus yang terus mengalami peningkatan setiap harinya, bahkan melebihi pandemi MERS atau SARS pada tahun 2012 silam (Swardana, 2020). Gejala-gejala COVID-19 yang paling umum adalah demam, batuk kering, dan rasa lelah. Gejala yang dialami ini muncul secara bertahap dan berkaitan dengan tingkat imunitas seseorang dan ada tidaknya komorbid yang mempengaruhi keparahan gejala maupun besar kecilnya potensi terinfeksi Covid-19 (Januareza dkk., 2019).

        Total kasus yang terkonfirmasi positif per tanggal 8 November 2021 sebanyak 4,2 juta kasus dengan angka kesembuhan 4 juta kasus dan kasus kematian 143 ribu berdasarkan laman resmi pemerintah. Meskipun pernah tercatat sebagai negara anggota ASEAN yang terdampak Covid-19 dengan jumlah kasus paling banyak dibanding negara lain, namun saat ini Indonesia tengah menempati peringkat ketiga terendah di ASEAN untuk penambahan kasus kumulatif Covid-19.

        Tren positif ini tidak terlepas dari upaya pemerintah dan masyarakat. Bentuk upaya yang dapat dilakukan masyarakat adalah dengan menerapkan protokol kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh. Mengutip dari laman kompas, di tengah meningkatnya penambahan kasus Covid-19, penting untuk kita menjaga imunitas tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik dapat melindungi kita dari mikroba berbahaya serta penyakit tertentu. Ada banyak langkah dalam meningkatkan imunitas tubuh, seperti contohnya mengkonsumsi makanan gizi seimbang, olahraga, dan mengkonsumsi minuman herbal alami.

Tanaman herbal adalah tanaman yang memiliki kandungan senyawa aktif untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terinfeksi oleh virus penyebab penyakit seperti virus Covid-19. Dengan manfaat tersebut, konsumsi herbal di masyarakat meningkat sejak pandemi Covid-19, salah satu herbal yang turut mengalami kenaikan permintaan adalah jahe merah yang tinggi akan kandungan minyak atsiri dengan khasiatnya yang dapat meningkatkan imunitas tubuh. Namun, fakta ini berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di masyarakat. Masyarakat masih enggan untuk mengkonsumsi minuman dan makanan herbal seperti jahe merah dengan berbagai alasan, seperti rasa yang tidak enak, proses yang tergolong sulit karena menggunakan banyak bahan, dan lain sebagainya. 

Pandemi Covid-19 ini membutuhkan perlawanan berarti dari masyarakat untuk menghentikan penyebarannya. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat, seperti mengikuti protokol kesehatan, menggunakan masker, dan menjaga imunitas tubuh. Salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan mengonsumsi minuman herbal. Minuman dan makanan herbal perlu ditingkatkan popularitasnya agar masyarakat mulai mau untuk mengkonsumsinya, karena berkaca pada apa yang terjadi di masyarakat sekarang, mereka enggan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman herbal, seperti contohnya minuman dan makanan berbahan jahe merah. 

Contoh pembuktian bahwa masyarakat masih enggan untuk mengonsumsi minuman herbal adalah seperti yang dilansir pada laman CNN Indonesia. Menurut presdir PT Mustika Ratu, budaya meminum minuman herbal sudah nyaris hilang. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan, seperti minuman herbal sering dianggap seperti minuman yang kuno dan tidak kekinian, minuman herbal memiliki rasa yang dominan pahit dan tidak nyaman di lidah, dan terbatasnya akses untuk mendapatkan minuman herbal.  

Melihat beberapa alasan masyarakat enggan untuk mengkonsumsi minuman herbal sebagai penambah imunitas tubuh, solusi yang harus dilakukan adalah membuat suatu inovasi baru dimana inovasi tersebut dapat memodifikasi tanaman herbal seperti jahe merah menjadi makanan atau minuman yang kekinian dan memiliki rasa yang lezat, namun tidak menghilangkan khasiat dari jahe merah tersebut sebagai penambah imunitas tubuh. Selain itu, masyarakat butuh sosialisasi dan penjelasan lebih lanjut mengenai khasiat dari tanaman herbal seperti jahe merah ini. 

Berdasarkan pemaparan di atas, artikel ini difokuskan pada modifikasi dan sosialisasi mengenai kandungan jahe merah sehubungan dengan imunitas tubuh dan makanan berbahan dasar jahe merah. Adapun tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui kandungan yang terdapat dalam jahe merah yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dan untuk menjelaskan modifikasi olahan jahe merah yang mudah dikonsumsi dan dapat berdampak pada minat dan kesehatan konsumen.

JAHE MERAH DAN IMUNITAS TUBUH

Indonesia dikenal dengan kekayaan alam yang melimpah ruah, dari Sabang sampai Merauke memiliki kekayaan alamnya masing-masing dengan ciri khas yang berbeda-beda. Kekayaan alam bisa dalam berbagai rupa, salah satunya bisa berupa tanaman herbal. Tanaman herbal adalah tumbuhan yang telah diidentifikasi dan diketahui berdasarkan pengamatan manusia, memiliki senyawa alami yang bermanfaat untuk mencegah, menyembuhkan penyakit, melakukan fungsi biologis tertentu, mencegah serangan serangga dan jamur, dan jika diolah dapat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan tubuh (Hidayanto dkk., 2015). Beberapa tanaman herbal yang mudah ditemukan dan sering diolah menjadi jamu atau minuman kesehatan adalah serai, kunyit, kencur, meniran, temulawak, dan jahe.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan