Mohon tunggu...
Firman Pire
Firman Pire Mohon Tunggu... Guru - Pendidikan adalah jalan untuk memanusiakan manusia

Untuk Hari esok yang lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Politik

Menyongsong Pilkada Kota Parepare

18 Juni 2013   22:58 Diperbarui: 24 Juni 2015   11:48 1004
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Komisi pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Parepare hari ini telah menetapkan  nomor urut pasangan calon walikota dan wakil walikota parepare periode 2013-2018. Berdasarkan pengundian nomor urut yang dilakukan oleh KPUD kota Parepare, senin, 18 Juni 2013, pasangan A. Babba oddo- Syaifuddin La Intang (sibolata) mendapat No. urut 1, Syamsu Alam-A.Darmawangsa (Bersaudara) No. Urut 2, A.Darma Setiawan-Muhammad Rui (Darui) No. urut 3, Taqiyuddin Djabbar-Herman Zain Katoe (Teman Berzatoe) No.urut 4, dan Taufan Pawe-Faizal Andi Sapada (TP-Fas) No. urut 5.

Pasangan A. Babba Oddo-Syaifuddin La Intang (Sibolata) didukung oleh gabungan partai Non Parlemen. Yang menarik dari pasangan ini adalah figur dari Syaifuddin La intang yang merupakan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Meski tercatat sebagai ketua PKS Kota Parepare, namun Syaifuddin La Intang justru tak mendapat rekomendasi dari partai yang dipimpinnya. PKS memilih Abstain dalam pemilihan walikota kali ini.

Pasangan Syamsu Alam-A.Darmawangsa (Bersaudara) didukung oleh Koalisi Partai Demokrat dan PDI-Perjuangan. Syamsu Alam sendiri saat ini masih menjabat sebagai walikota Parepare. sedangkan A. Darmawangsa merupakan salah satu wakil ketua di DPRD Kota Parepare dan merupakan kader PDI-Perjuangan. Perseteruan Demokrat dengan PDI-P ditingkat pusat ternyata tak berpengaruh di tingkat daerah.

Pasangan A. Darma Setiawan-Muhammad Rui (Darui) merupakan satu-satunya pasangan calon walikota-wakil walikota Parepare dari jalur independen. pasangan ini ditetapkan sebagi calon walikota-wakil walikota oleh KPUD Kota Parepare setelah memenuhi syarat dukungan untuk jalur independen.

Pasangan Taqiyuddin Jabbar-Herman Zain Katoe (Teman Berzatoe) didukung oleh Hanura dan PPP. Taqiyuddin Jabbar merupakan pimpinan Cabang NV. Hadji Kalla di Kota Parepare. selain menjadi pimpinan cabang di NV. hadji Kalla kota Parepare, Taqiyuddin diketahui juga merupakan seorang pengusaha. Sedangkan calon wakilnya, Herman Zain katoe merupakan putra mantan walikota parepare, Zain Katoe. Zain Katoe diberhentikan dari jabatannya sebagai walikota parepare setelah divonis bersalah oleh pengadilan. ia pun digantikan oleh wakilknya, Syamsu Alam..

Pasangan Taufan Pawe-Faizal Andi Sapada (TP-FAS) didukung oleh Partai Golkar, PAN, PKB. Taufan Pawe merupakan seorang Praktisi Hukum di Sulawesi selatan. Keikutsertaan Taufan Pawe (TP) pada Pilkada Kota Parepare kali ini merupakan yang ketiga kalinya. Pada dua edisi sebelumnya, TP selalu kalah dari usungan Golkar, Zain Katoe. Sedangkan calon wakilnya, Faisal Andi Sapada (FAS) merupakan seorang PNS. Sebelum ditetapkan oleh KPUD Kota Parepare sebagai calon wakil walikota, FAS merupakan Sekretaris Daerah Kota Parepare.

Pilkada Kota Parepare sendiri berlangsung Agustus mendatang dan rencananya akan diadakan serentak di beberapa kabupaten/kota di sulawesi selatan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun