Mohon tunggu...
Khrisna Pabichara
Khrisna Pabichara Mohon Tunggu... Penulis - Penulis, Penyunting.

Penulis; penyunting; penerima anugerah Penulis Opini Terbaik Kompasianival 2018; pembicara publik; penyuka neurologi; pernah menjadi kiper sebelum kemampuan mata menurun; suka sastra dan sejarah.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Menunggu Kiprah Srikandi "Motocross" Indonesia

21 Agustus 2018   11:46 Diperbarui: 21 Agustus 2018   11:50 488
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Motor yang akan digunakan oleh Srikandi

Kadang membelah hutan, kadang berlumur lumpur, kadang bersimbah air, kadang digelimuni debu, kadang tersasar di hutan dan tidak tahu mesti bertanya kepada siapa, kadang dikejar-kejar anjing, tetapi kami mesti bertahan hingga ke garis finis. ~ Irma Firnanda, Srikandi Motocross Indonesia

Saya memang penyuka balap motor. Lebih tepatnya, suka menonton adu balap motor. Itulah sebabnya saya setuju tatkala diminta pengelola Kompasiana untuk mengikuti konferensi pers Tim Reli JNE-Furukawa, Selasa (7/8/2018), di Kantor Pusat JNE.

Jakarta sedang cerah. Jalan-jalan lengang dan lapang. Perjalanan dari bilangan Cikini ke Tomang cukup singkat. Tidak banyak makan waktu. Kebijakan plat ganjil-genap mulai terasa tuahnya. Dulu saya pernah menempuh rute Cikini-Tomang selama sejam setengah. Hari ini lancar.

Saya tiba di Kantor Pusat JNE 10 menit sebelum acara dimulai. Rasanya seperti berada di ruang tunggu bandara, merasa asing dan sendirian karena tidak kenal siapa-siapa. Saya pun menenggelamkan diri ke layar gawai. Sekali-sekali jepret sana-sini, sesekali menikmati iklan layanan JNE di dua layar putih yang terpajang di sisi kanan kiri panggung utama.

Semesta seperti mengirim semacam pertanda. Kode keras. Saya tidak bisa mengendarai sepeda motor dan sekarang harus meliput sekaligus menulis tentang balap-balapan. Tidak apa-apa. Saya sering menulis cerita tentang tokoh korban persekusi dan perundungan, meskipun saya tidak pernah merasakannya.

Selagi asyik bercuit di Twitter, seseorang menyalami dan menyapa saya. Rudy Poa. Beliau manajer tim reli Indonesia. Semula beliau pembalap tangguh yang digadang-gadang ikut reli sejauh 2.400 km dari Thailand hingga Kamboja, namun beliau memilih mundur. 

Alasannya, beliau mulai ringkih dan dunia balap Indonesia butuh regenerasi.

Suasana ruangan tempat Konferensi Pers berlangsung | Dokpri
Suasana ruangan tempat Konferensi Pers berlangsung | Dokpri

Mata beliau berpijar-pijar setiap kata demi kata meluncur dari bibirnya, seolah-olah matanya sedang merapal doa-doa pengharapan. Harapan supaya tim reli Indonesia berbicara banyak, berdiri di podium juara, dan mengharumkan nama bangsa.

Setelah obrolan singkat usai, saya ke meja di depan ruangan untuk registrasi. Ternyata saya keduluan tiga orang berkacamata. Mereka sudah saling mengenal. Sama-sama rutin menulis di Kompasiana. Mereka menamai diri " barisan juru gesrek". 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun