Mohon tunggu...
1b_054_mohamad Iqbal Fahlevi
1b_054_mohamad Iqbal Fahlevi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mancing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Jauhi Narkoba di Era Remaja

29 September 2022   01:27 Diperbarui: 29 September 2022   01:33 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 Era remaja merupakan suatu proses perkembangan seseorang dari masa anak-anak menuju dewasa. Karena itulah bila masa anak-anak dan remaja rusak karena narkoba, maka lusuh atau bahkan hancurlah Masa depannya. 

Pada saat masa remaja, justru keinginan untuk merasa rasa, mengikuti kecondongan  dan gaya hidup, serta bersenang-senang besar sekali. Walaupun semua Kegemaran itu wajar-wajar saja, tetapi hal itu bisa juga memudahkan remaja untuk Tergelincir menyalahgunakan narkoba.

Total pengguna narkoba yang paling banyak adalah kelompok usia remaja. Masalah menjadi lebih gawat lagi bila karena penggunaan narkoba, para remaja anak muda terjangkit dan menularkan Penykit HIV/AIDS di kalangan remaja. Hal ini telah terbukti dari pemakaian narkoba melalui jarum suntik secara bergantian. Bangsa ini akan kehilangan remaja yang sangat banyak akibat penyalahgunaan narkoba dan mewabahnya Penyakit HIV/AIDS. 

Dampak bahaya penyalahgunaan narkoba bagi tubuh diantaranya yaitu gangguan pada sistem saraf (neorologis) dengan simtom kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, kehancuran saraf tepi ,gangguan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler) yang berakibat pada infeksi akut otot jantung, gangguan peredaran darah, gangguan pada kulit (dermatologis) mengakibatkan penanahan, bekas suntikan dan alergi, rusak pada bagian  paru-paru (pulmoner) menyebabkan penekanan fungsi pernapasan, kondisi bernafas Dengan hidung, penggesaran jaringan paru-paru, pengumpulan benda asing yang terhirup, serta dapat terinfeksi penyakit atau virus HIV dan AIDS, akibat pemakain jarum suntik secara bersama-sama.

Selain berlanggaran pada fisik narkoba juga berdampak pada psikologis seseorang yang mengkonsumi narkoba. Gejala yang ditimbulkan yaitu sering berfikir tidak panik atau negatif thinking , berperasaan tidak tenang, tubuh membutuhkan jumlah tertentu untuk menimbulkan efek yang di inginkan,Kecanduan  / selalu membutuhkan obat.

Jalan kluar agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba bagi pelajar yaitu dengan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa contoh nya:

1.selalu beribadah

2.menghormati ornamen di tempat ibadah

3.mengakui bahwa tuhan ada

4.tidak mengolok olok tuhan

5.menjalankan semua yg diperintahkan dan menjauhi larangannya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun