Mohon tunggu...
Blasius Mengkaka
Blasius Mengkaka Mohon Tunggu... Guru - Guru.

Guru profesional Bahasa Jerman di SMA Kristen Atambua dan SMA Suria Atambua, Kab. Belu, Prov. NTT. Pemenang Topik Pilihan Kolaborasi "Era Kolonial: Pengalaman Mahal untuk Indonesia yang Lebih Kuat" dan Pemenang Konten Kompetisi KlasMiting Periode Juli-September 2022.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Situasi Pembelajaran Bahasa Jerman di Sekolahku

9 Agustus 2013   17:03 Diperbarui: 24 Juni 2015   09:29 1655
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Sebagai seorang guru bahasa Jerman, saya memiliki tantangan untuk bagaimana menyajikan pembelajaran bahasa Jerman yang berkualitas. Tentunya saya juga harus memperhitungkan keadaan para siswa/iku yang merupakan pembelajar bahasa Jerman. Mereka hanya akan belajar bahasa Jerman 2 x 45 menit setiap minggu. Sedangkan para siswa/i jurusan bahasa 4 x 45 menit setiap minggu. Ketika menginjak kelas XI hanya sekitar 40 siswa/i saja yang bertahan belajar bahasa Jerman bila mereka memilih program bahasa. Sedang mayoritasnya sudah tidak belajar Bahasa Jerman lagi karena mereka memilih jurusan IPS dan IPA.

Sekolah kami SMA Kristen Atambua -NTT-Indonesia adalah merupakan sebuah sekolah yang berada di luar binaan Goethe Institut Jakarta (GIJ). Maka pembelajaran bahasa Jerman di sekolah ini - juga sekolah-sekolah lain yang berada di luar binaan Goethe Instutut Jakarta  (GIJ)- hanya mengikuti pedoman yang ditetapkan Kurikulum dan juga kreativitas guru-gurunyamenjadi hal yang mutlak. Secara umum sejak lama, para guru bahasa Jerman tergabung dalam IGBJI (Ikatan Guru bahasa Jerman Indonesia) dengan ketuanya saat ini ialah Herum Nugrowati. IGBJI memiliki perwakilan dan gugus tugas zona untuk daerah-daerah. Ketua gugus tugas itu membawahi Propinsi-Propinsi yang memiliki pelajaran bahasa Jerman di sekolahnya. Dengan demikian maka pembelajaran bahasa Jerman, selain berdasarkan pedoman atau petunjuk Kemendikbud juga kreativitas guru yang tetap dimonitoring oleh IGBJI sebagai perpanjangan tangan Pemerintah. Para guru bahasa Jerman sendiri yang telah diangkat oleh pemerintah dianggap merupakan perpanjangan tangan Depdikbud, pihak Goethe Institut Jakarta (GIJ) dan Kedutaan Besar Jerman di Indonesia.

Jenis-jenis guru bahasa Jermanpun beraneka ragam. Saya mengelompokkan jenis-jenis guru bahasa Jerman:

1. Guru honor sekolah (GTT)

2. Guru honor pemerintah daerah (Honda)

3. Guru PNSD (Non Sertifikasi atau Sertifikasi)

4. Guru Tetap Yayasan (GTY) (Non sertifikasi atau Sertifikasi)

5. Guru bantu pusat (Guru bantu pusat)

Dalam Kurikulum saat ini maupun Kurikulum 2013 kelak, guru-guru bahasa Jerman dalam posisi cukup aman. Namun hanya sedikit yang telah diangkat jadi guru PNS, GTY baik yang bersertifikat maupun tidak bersertifikat. Oleh karena cara penyajian di kelas harus menuntut penguasaan bahasa Jerman lebih banyak maka para guru harus memiliki perbendaharaan kata-kata dan kalimat bahasa Jerman yang banyak di kepalanya. Pembelajaran di kelas harus juga memperhatikan Tata Bahasa Jerman (Grammatik). Grammatik harus memiliki jam khusus. Maka sebagai guru yang baik, para pengajar harus mampu membagi jam-jam di kelas yakni: Grammatik, dialog, Ausprache (pengucapan), menulis, mendengarkan, menyimak, dll.

Semua jenis pengajaran seperti itu harus diberikan. Para pengajar tidak boleh hanya memberikan Grammatik sampai melupakan membaca, menulis, mendengar, dll. Sebaiknya semua jenis metode pengajaran diberikan sekaligus dalam satu tatap muka. Dalam arti baik tata bahasa (Grammatik), Ausprache. lernen, schreiben, Ubungen (latihan-latihan) usw. Semuanya ini hendaknya diberikan sekaligus dalam satu kali pertemuan atau tatap muka di kelas. Kadang-kadang juga perlu diceriterakan keadaan Jerman meliputi pendidikan, wisata, sejarah, kota-kota besar, filsafat, teologi, sosiologi, ilmu alam, musik, dll.     Pengenalan tentang Jerman juga perlu diberikan kepada para siswa/i agar mereka dapat menarik kesimpulan tentang tujuan dan manfaat pelajaran bahasa Jerman bagi dirinya sendiri. Para guru juga bisa mendeskripsikan manfaat penggunaan bahasa Jerman bagi para siswa/i.

Sejak tahun 2005, saya praktis telah menjadi pengajar tunggal bahasa Jerman di SMA Kristen Atambua. Sering-sering saya mendapat bantuan dari beberapa guru, namun mereka akhirnya meninggalkan profesi ini karena basic skill mereka memang bukan menjadi guru bahasa Jerman. Tinggallah saya seorang diri menjadi guru bahasa Jerman hingga kini. Saya bertugas mengajar Bahasa jerman dari kelas X (8  Kelas), Kelas XI dan Kelas XII. Setiap hari saya harus berangkat ke sekolah menmpuh 21 km ke kota Atambua. Saya mengajar di kota Atambua namun saya tinggal jauh dari kota itu yakni 21 km. Saya tinggal di Halilulik, sebuah kota pelajar juga di kabupaten Belu karena memiliki sekitar 2 SMP, 2 SMA, 3 SD dan 2 TKK. Saya menggunakan kendaraan roda 2 buatan tahun 2009. Mesin motor yang kuat membuat saya hanya butuh sekitar 20 menit untuk tiba di kota Atambua.Memang ada banyak suka dan duka menjadi guru bahasa Jerman. Sukanya ialah para siswa/i selalu gembira ketika kami berinteraksi di kelas. Memang kelas selalu nampak ramai bila pelajaran bahasa Jerman. Kelas selalu nampak hidup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun