Mohon tunggu...
Blasius Mengkaka
Blasius Mengkaka Mohon Tunggu... Guru - Guru.

Guru profesional Bahasa Jerman di SMA Kristen Atambua dan SMA Suria Atambua, Kab. Belu, Prov. NTT. Pemenang Topik Pilihan Kolaborasi "Era Kolonial: Pengalaman Mahal untuk Indonesia yang Lebih Kuat" dan Pemenang Konten Kompetisi KlasMiting Periode Juli-September 2022.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

From Zero to Hero: Rahasia Sukses Eka Tjipta Widjaja yang Layak Diterapkan

10 September 2022   09:08 Diperbarui: 10 September 2022   09:49 389
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kenalan dengan logo resmi 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja (Sumber gambar: Sinarmas.com).

Dengan Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja dikenang sebagai salah satu orang paling sukses secara ekonomi di Indonesia. Dewasa ini, Sinar Mas Agribusiness and Food (Inclusive Close Loop atau GAP (Good Agriculture Practices) melalui PT Smart Tbk, sedang mengelola 5% Perkebunan Kelapa  Sawit di Indonesia. Di Perkebunan Sawit inilah, ribuan sama saudara buruh asal Prov. NTT mengais rezeki.

Jutaan orang Indonesia sedang berjuang untuk meraih kesuksesan pada pelbagai bidang, seperti: bisnis, pendidikan, politik, militer, karier, dll. Bagaimana kita jitu meraih sukses? Nah, inilah cara-cara jitu yang layak diterapkan anda. Orang-orang sukses seringkali tidak menggunakan keuntungan sebagai patokan kesuksesan. Juga kesuksesan seringkali tidak menggunakan bakat dan pendidikan tinggi sebagai patokan. Lalu, apa patokan kesuksesan sesungguhnya? Marilah kita banyak belajar dari cara Eka Tjipta Widjaja meraih kesuksesan kesempatan peringatan 100 Tahun Eka Tjipta Widjaja, sang pendiri Sinar Mas.

Riwayat Kesuksesan Eka Tipta Widjaja Dengan Sinar Mas-nya

Pada tahun 2013, Eka Tjipta Widjaja dinobatkan sebagai orang terkaya No.2 di Indonesia yang sangat sukses mengembangkan bisnis di Sinar Mas dengan memulai usahanya dari nol. Implementasi Sinar Mas dan keberagaman sungguh menyata. Para karyawan di Sinar Mas telah berasal dari latar belakang usia, jenis pekerjaan, jenis kelamin, tingkat pendidikan, suku, agama dan golongan. Hal ini membuktikan bahwa Eka Tjipta Widjaja mendirikan Sinar Mas untuk Indonesia.

Logo Sinar Mas (Sumber gambar: Sinarmas.com).
Logo Sinar Mas (Sumber gambar: Sinarmas.com).
Awalnya, Eka Tjipta Widjaja tidak berpendidikan tinggi, tetapi Eka Tjipta Widjaja hanya seorang lulusan Sekolah Dasar (SD) di Makasar karena orang tuanya tergolong kurang mampu secara ekonomis dan punya banyak utang. Menyadari kondisi ini, Eka Tjipta Widjaja memulai usahanya dengan berbisnis biscuit, kembang gula, terigu, semen, gula dan barang-barang kebutuhan pokok lainnya keliling kota Makasar.  

Eka Tjipta Widjaja juga pernah menjadi kontraktor dan berbisnis kopra. Bisnisnya berkembang pesat setelah ia pindah ke kota Surabaya. Singkatnya kemudian sejarah mencatat bahwa tahun 2013, Eka Tjipta Widjaja menjadi orang terkaya No.2 di Indonesia.

Menurut Globe Asia, seperti dikutip dari Wikipedia.org, pada tahun 2007, aset ekonomi milik Eka Tjipta Widjaja mencapat USD 27,9 triliun. Selain sukses berbisnis, Eka Tjipta Widjaja juga banyak berkecimpung dalam kegiatan sosial dan filantropis untuk meningkatkan pendidikan dan perlindungan lingkungan hidup di Indonesia.

Di akhir hidupnya, Eka Tjipta Widjaja adalah seorang pahlawan ekonomi dan kemanusiaan Indonesia. Perusahaan-perusahaannya menghidupkan jutaan orang dari beragam suku di Indonesia dan kegiatan filantropinya mengangkat harkat dan martabat kemanusian jutaan orang Indonesia.

Mendalami riwayat hidup dan nama besar konglomerat Eka Tjipta Widjaja, tentu muncul pertanyaan apa rahasia kesuksesan seorang Eka Tjipta Widjaja sehingga sukses mengelola Sinar Mas menjadi perusahaan yang sukses?

Belajar dari Eka Tjipta Widjaja, saya mengambilkan 2 hal sebagai kesimpulan yang sangat penting diterapkan oleh generasi Indonesia di zaman ini, yaitu: pertama: melepaskan kebiasaan buruk, kedua: bekerja keras dan pantang menyerah.

Menanggalkan Kebiasaan-Kebiasan Buruk Pribadi

Hal utama yang menghalangi seseorang untuk sukses adalah seseorang berada dan terpenjara oleh kebiasaan-kebiasaan jelek. Kebiasaan-kebiasaan jelek membuat seseorang tidak bisa maju. Kebisaan-kebiasaan jelek tersebut adalah malas kerja, putus asa, suka merokok, suka minum-minuman keras, suka berjudi, menggunakan obat-obat terlarang dan suka berganti pasangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun