Mohon tunggu...
Blasius Mengkaka
Blasius Mengkaka Mohon Tunggu... Guru - Guru.

Senior professional teacher, interest in Horoscope, space problem analyzer, philosopher, digital worker, writer 2 books, blogger, love gardening and coffee lover.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Dengan Internet, Saya Berhasil Menerbitkan 2 Buku, Ini Penjelasannya

6 Juli 2022   20:13 Diperbarui: 6 Juli 2022   20:24 169 6 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto memperlihatkan pelayanan IndiHome (Sumber foto: cnbcindonesia.com).

Pendahuluan

     Dalam artikel ini, saya menuliskan pengalaman berharga mengenai Manfaat Internet nyata yang telah saya dapatkan dalam kurun waktu 11 tahun (2011-2022). Untuk kepentingan lomba blog, saya menempatkan artikel ini dalam subtema Pendidikan. Internet yang saya maksudkan dalam artikel ini adalah Internetnya Indonesia.

     Sistematika artikel ini terdiri dari 6 subjudul, yaitu: Pendahuluan, Definisi Istilah-Istilah Penting, Deskripsi Singkat 2 Buku Karya Saya, Buku Menggambarkan Etos Kerja Penulis, Agar Semua Orang Jadi Manusia Berbudaya dan Kesimpulan. Artikel ini saya selesaikan dengan menggunakan 2 metode, yaitu: studi kepustakaan dan refleksi pribadi.

Definisi Istilah-Istilah Penting

     Telkom Indonesia adalah perusahaan informasi dan komunikasi sebagai penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. Sedangkan Indonesia Digital Home adalah kepanjangan dari IndiHome yang adalah salah satu produk unggulan Telkom Indonesia.

     Kompasiana adalah blog jurnalis yang bertransformasi menjadi sebuah media warga (citizen media). Di sini, setiap orang dapat mewartakan peristiwa, menyampaikan pendapat dan gagasan serta menyalurkan aspirasi dalam bentuk tulisan, gambar ataupun rekaman audio dan video. Keterlibatan aktif warga ini diharapkan dapat mempercepat arus informasi dan memperkuat pondasi demokratisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Deskripsi Singkat 2 Buku Karya Saya

     Dengan menggunakan internet, saya sukses menerbit 2 buku. Dua buku merupakan wujud pencapaian saya sebagai manusia berbudaya. Kini 2 buku saya sudah disimpan pada Perpustakaan Nasional di Jakarta, dibuat dengan memanfaatkan internet. Selain dicetak dalam bentuk buku, sekarang kedua buku dapat didownload di academia.edu.

Buku 1: Jalan Wadas Politik dan Pendidikan Indonesia Kontemporer (Depok: Herya Media, 2014).

Cover buku pertama saya (Sumber foto: Herya Media 2014).
Cover buku pertama saya (Sumber foto: Herya Media 2014).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan