Mohon tunggu...
Blasius Mengkaka
Blasius Mengkaka Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Penulis.

Mencipta wacana bermutu dari sistem berpikir Plato dan Aristoteles. Sarjana Filsafat dari STFK Ledalero sejak tahun 2002 dan seorang guru profesional sejak tahun 2008. Email: mengkakablasius@yahoo.com. --(C)2013-2020.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Saya Lebih Menghargai Produk Berkualitas Tinggi

3 Januari 2022   08:44 Diperbarui: 3 Januari 2022   09:19 87 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Digital. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pepatah Jerman mengatakan, Wer bilig kauft, kauft zweimal. Pepatah ini berarti, siapa membeli murah, dia membeli dua kali. Pepatah ini mengajak para konsumen untuk membeli produk-produk berharga lebih murah (seltener Produkte), tetapi berkualitas tinggi (hochwertige Produkte). 

Pilihan untuk memilih produk yang berkualitas tinggi (hochwertige Produkte) membutuhkan keahlian tiap-tiap individu. Banyak orang terkecoh membeli produk mahal tetapi hanya bertahan satu atau dua tahun. Produk berharga termahal (teureres Produkte) belum tentu produk berkualitas tinggi (hochwertige Produkte). 

Hari ini Notebook yang saya pakai ini sudah berusia 10,5 tahun. Notebook ini saya beli di UD Thonbers Computer Atambua pada tahun 2011, bermerk Acer. Saat itu 1 unit Notebook Acer berharga Rp 3,5 juta. Saya bangga karena Notebook Acer ini bukan produk second/bekas. Selama 10,5 tahun saya pakai, Notebook ini jarang mengalami kerusakan. Saya telah menggantikan Hardisknya hanya sebanyak 1 kali selama 10,5 tahun, luar biasa.

Dalam hal ini pepatah Jerman di atas menyata bagi saya. Pengalaman nyata ini mendorong saya untuk menghargai suatu produk bukan pada mahalnya harga, tetapi pada tingginya kualitas suatu produk. Notebook ini terbukti bertahan lama di tangan saya namun tetap canggih. Jadi saya lebih suka membeli produk-produk berharga lebih murah (seltener Produkte) tetapi berkualitas tinggi (hochwertige Produkte).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan