Mohon tunggu...
Blasius Mengkaka
Blasius Mengkaka Mohon Tunggu... Guru dan Penulis.

Mencipta wacana bermutu dari sistem berpikir Plato dan Aristoteles. Sarjana Filsafat dari STFK Ledalero sejak tahun 2002 dan seorang guru profesional sejak tahun 2008. Email: mengkakablasius@yahoo.com. --(C)2013-2020.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Pelbagai Fasilitas Hidup di Romawi Kuno dan Kejatuhannya

4 Juli 2020   13:21 Diperbarui: 4 Juli 2020   14:50 94 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelbagai Fasilitas Hidup di Romawi Kuno dan Kejatuhannya
Kuil Saturnus di kota Roma. (Foto: Istimewa/https://www.dreamstime.com/).

Kuil Saturnus adalah tempat paling penting di Romawi kuno. Kuil Saturnus terletak di belakang Colosseum di kota Roma. Kuil Saturnus adalah tempat paling penting di Republik Romawi kuno untuk melayani pertemuan politik, sosial dan keagamaan.

Kota Roma adalah pusat kegiatan yang berkembang pesat dari Kekaisaran Romawi kuno. Kota Roma menjadi pusat kegiatan public selama lebih dari 2.000 tahun. Roma adalah kota yang istimewa dalam banyak hal. Segala sesuatu bermula dahulu di kota Roma. Kemudian berlaku di seluruh Kekaisaran Romawi kuno. Hal ini menunjukkan bahwa kota Roma adalah kota yang sangat progresif.

Pelbagai Fasilitas Kuno yang Mewah

Kota Roma menjadi titik tolak sehingga kekaisaran Romawi kuno mampu berkembang begitu luas. Di zaman dahulu, jika seseorang menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi, seseorang  akan menjadi bagian dari budaya tinggi dengan banyak fasilitas. 

Fasilitas terbaik kota Roma kuno adalah saluran air yang amat lancar. Saluran air yang lancar adalah contoh progresifitas Romawi. Saluran air terdiri atas pipa air yang menghubungkan kota-kota kekaisaran Romawi. Air diangkut dalam jarak hingga seratus kilometer. Saluran air terutama dibuat di bawah tanah, tetapi juga di atas jembatan besar.

Banyak kota juga memiliki sistem pipa yang mengangkut limbah dari kota. Juga ada istana yang mengesankan, rumah sewaan, pemandian, dan jalan beraspal. Warga biasa bisa pergi ke jamban umum. Rumah-rumah orang kaya memiliki toilet sendiri  dengan air mengguyur. Pemanasan ada di bawah lantai rumah dan gedung juga merupakan penemuan bangsa Romawi kuno.

Arsitektur Romawi kuno sangat memengaruhi perencanaan pelbagai kota di kemudian hari. Tetapi itu bukan satu-satunya pengaruh Roma kuno pada masa kini. Sistem hukum Romawi kuno juga memiliki dampak besar pada yurisprudensi di Eropa kemudian. 

Saat ini Roma kuno  adalah ibu kota Italia, dan sisa-sisa Roma kuno dapat ditemukan di banyak tempat. Anda masih dapat dengan jelas melihat Forum Romawi kuno, bekas pusat kota, tempat penduduk Roma berbelanja dan berdagang, menyembah dewa-dewa mereka dan mengadakan sidang pengadilan.

Remus dan Romulus, anak kembar yang disusui serigala. (Foto: Istimewa/https://art.famsf.org/).
Remus dan Romulus, anak kembar yang disusui serigala. (Foto: Istimewa/https://art.famsf.org/).
Sekilas Kehidupan di Romawi Kuno

Menurut legenda, Roma didirikan pada 753 SM. Roma didirikan oleh Romulus. Romulus diceriterakan telah dibesarkan oleh serigala betina dengan saudaranya Remus. 

Kehidupan umum di Roma pertama-tama didasarkan pada hukum negara. Hal ini melindungi hak-hak semua warga negara bebas. Namun, budak dikecualikan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN