Mohon tunggu...
19_039 Nunut EP Sianturi
19_039 Nunut EP Sianturi Mohon Tunggu... NUNUT

SEORANG MAHASISWA DI UNMUL JURUSAN KEHUTANAN FAKULTAS KEHUTANAN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Bagaimana Pendidikan di Indonesia di Tengah Pandemi Covid 19?

22 Januari 2021   13:01 Diperbarui: 22 Januari 2021   13:09 41 1 0 Mohon Tunggu...

EP. Sianturi

UNIVERSITAS MULAWARMAN 

nunutsianturi25@gmail.com

Pendidikan daring (online ) ini dikakukan  oleh  berbagai  tingkatan  jenjang  pendidikan  sejak tingkat  SD, SMP, SMA , hingga Perguruan tinggi . Tidak ada lagi  aktifitas pembelajaran di ruang  kelas  sebgaimana  lazim dilakukan  oleh tenaga pendidik  guru maupun dosen . semua dilakukan serba online .

Banyak  dampak yang terjadi akibat proses pembelajaran daring ini , termasuk   para siswa ataupun  mahasiswa harus siap menghadapi  yang  namanya teknologi , banyak yang  gagap akibat perubahan yang derastis ini, namun siap atau tidak  siap itu akan tetap dihadapi oleh pendidik atau yang didik begitupun dosen dengan mahasiswa.

Perubahan  sangat cepat terjadi dikarenakan pandemi covid-19 ini  , proses adaptasi terhadap pembelajaran daring  ini juga sangat sulit ' pendapat dari menteri pendidikan kita. '

Semua orang harus siap dengan yang namanya teknologi , efektif atau tidaknya pembelajaran online ini , akan tetap dilaksanakan oleh ssiswa maupun mahasiswa . Belajar online akan membuat setiap siswa dan mahasiswa untuk mempelajari teknologi .

Namun penggunaan teknologi bukan tidak ada masalah, banyak varians masalah yang menghambat terlaksananya efektivitas pembelajaran dengan metode daring diantaranya adalah:

  • Keterbatasan Penguasaan Teknologi Informasi oleh Guru dan Siswa mahasiswa dan dosen
  • Sarana dan Prasarana yang Kurang Memadai
  • Akses Internet yang terbatas
  • Kurang siapnya penyediaan Anggaran

Namun untuk mengatasi masalah internet pemerintah menyediakan berbagai bantuan paket internet kepada siswa dan mahasiswa gun meringankan dalam proses pembelajaran online ini agar mahasiswa dan siswa tetap mengikuti pembelajaran bagi yang terkendala karena paket internetan .

Ada kerugian mendasar bagi murid ketika terjadi penutupan sekolah ataupun kampus. Banyak ujian yang mestinya dilakukan oleh murid pada kondisi normal, sekarang dengan mendadak karena dampak covid-19, maka ujian dibatalkan ataupun di tunda. Penilaian internal bagi sekolah barangkali dianggap kurang urgent tetapi bagi keluarga murid informasi penilaian sangat penting. 

Ada yang menganggap hilangnya informasi penilaian murid sangatlah berarti bagi keberlangsungan masa depan murid. Misalkan saja target-target skill maupun keahlian tertentu murid yang mestinya tahun ini mendapatkan penilaian sehingga berdampak treatment untuk tahun yang akan datang, maka pupus sudah bagi murid yang telah mampu menguasai banyak keterampilan di tahun ini tetapi tidak memperoleh penilaian yang semestinya. 

Lulusan universitas ataupun pendidikan menengah yang mencari pekerjaan tahun ini mengalami gangguan yang hebat karena pandemi Covid-19. Para mahasiswa maupun siswa yang tahun ini lulus mengalami gangguan pengajaran di bagian akhir studi mereka. Dampak langsung yang dialami oleh mereka adalah gangguan utama dalam penilaian akhir yang mestinya mereka dapatkan. Namun dengan kondisi apapun mereka tetap lulus dalam kondisi resesi global yang memilukan ini. 

Kondisi pasar kerja yang cenderung sulit merupakan kendala baru bagi lulusan. Persaingan dipasar kerja sangat "gaduh" dan berhimpit dengan para pekerja yang juga sudah mengalami Putus Hubungan Kerja (PHK) dari perusahaan dimana mereka bekerja.  Harapan semua orang terutama siswa dan mahsiswa agar pandemi ini segera berakhir dan kita semua dapat melakukan aktifitas kita seperti biasanya berjalan dengan normal dan tidak dibatasi, dan semoga di tahun 2021 nanti semua aktifitas masyarakat dapat berjalan dengan baik sebagaimana semestinya .

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x