Taufik AAS P
Taufik AAS P profesional

menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Regional

Masa Keraguan Berakhir, Ir H Suardi Saleh Dilatik Jadi Bupati Kabupaten Barru

14 November 2017   16:30 Diperbarui: 14 November 2017   18:38 490 1 1
Masa Keraguan Berakhir, Ir H Suardi Saleh Dilatik Jadi Bupati Kabupaten Barru
sumber: fajarpendidikan.co.id

Kabupaten Barru, salah satu kabupaten cukup ternama di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), dan cukup mendunia  karena di daerah ini terlahir  Retna Kencana Colliq Pujie Arung Pancana Toa Mantiroe ri Tocae, lebih dikenal sebagai Colliq Pujia. Bangsawan bugis  yang mengumpul dan   menyalin cerita I La Galigo, karya sastra terpanjang dan terbesar di dunia yang setara dengan kitab Mahabharata dan Ramayana dari India.

Barru juga dikenal sebagai daerah dengan adat bugis yang kental, karena daerah yang terkenal dengan kacang tanah dan lemmang -- nasi ketan yang dimasak santan dalam bambo ini, terbentuk dari sejumlah kerajaan-kerajaan. Cukup Makmur, damai dan demokratis. Rakyat menghormati pemimpinnya dan pemimpin menyayangi rakyatnya.

Dalam Pemilihan Kepala  Daerah (Pilkada) serentak tahun 2015 silam, Kabupaten Barru hasilkan pemimpin baru, yaitu Bupati dan Wakil Bupati terpilih dan dilantik. H. Andi Idris Syukur dan H. Suardi Saleh. Kepemimpinan dua putra  terbaik Barru ini berjalan beberapa bulan, hingga sang bupati, terseret  arus dugaan tinda pidana korupsi yang mendudukkannya sebagai tersangka, terpidana dan jatuh putusan. Orang nomor satu Barru ini harus letakkan jabatan dan berhadapan dengan hukuman, sesuai aturan Negara yang berlaku.

Masa transisi dari H. Andi Idris Syukur ke H. Suardi  Saleh sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati membuat masyarakat  gamang, bingung. Kisaran cerita beredar menjadi konsumsi publik,  apakah H. Andi Idris Syukur masih akan kembali jadi bupati  atau Plt bupati yang dilantik. Dua tanda  tanya ini berakhir sudah beredar undangan dari  Pemprov. Sulsel yang ditandatangangi oleh Sekretaris Provinsi, Ir. H. Abdul Latif, M.Si, MM, bunyinya begini.

"Mengharapkan kehadiran  Bapak/Ibu/ Suadara pada acara: Pelantikan Bupati  Barru Sisa Masa  Jabatan Priode 2016 -- 2021. Akan dilaksanakan pada Hari Rabu, 15 November 2017, jam 9.00,  bertempat di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulawesi Selatan."

Masyarakat Kabupaten Barru boleh bernapas, legah dalam hitungan jam dari ditulisnya artikel ini -- jam 4.37, akan mendapatkan bupati yang benar-benar bupati, karena telah definitive, sesuai aturan ketatanegaraan kita. Tidak perlu lagi bertanya, siapa pemimpinnya. Kembali bersatu, berpikir dan bekerja untuk kemajuan negeri.

Meskipun telah manjadi wakil bupati dan Plt Bupati, tentu lebih bijak untuk segarkan ingatan kembali, siapa Ir. H. Suardi  Saleh, M.Si. Seperti yang tertera di site resmi Pemkab. Barru, disebutkan,  Suardi Saleh, lahir di Lampoko, Kecamatan Soppeng Riaja, 2 Desember 1956. Sebelum jadi pebabat politik ia lebih banyak berkecimpun sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Ir. H. Suardi Saleh M.Si adalah alumnsi Pasca Sarjana Universitas Hasasanuddin, Makassar.  Dalam dunia birokrat ia pernah mendapat kepercayaan dalam berbagai  jabatan, antara lain Kepala Sub Bagian Penyusunan Pelaksanaan Program Bid. Pembangunan  Kab. Maros, 1987, Kepala Bagian Pembangunan Kabupaten Maros, 1989 Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Maros, 1990. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Pinrang, 1997. Asisten Ekonomi Pembangunan Kabupaten Pinrang, 2012, serta Kepala BAPPEDA Pinrang, 2013.

Mantan Wakil Bupati Barru ini menikah dengan Drg. Hj. Hasnah Syam, MARS dan telah dikaruniahi anak 4, masing  Drg. Hj. Ulfah Nurul Huda Suardi, Nazwar Furqan Suardi, Teguh Iswara Suardi, ST dan Rizaldy Zulham Suardi.

Dalam karier di dunia PNS, H. Suardi Saleh telah dapatkan Satya Lencana Karya Satya 10 Tahun,  pada 2005, serta Satya Lencana Karya Satya 20 Tahun, 2009.

Selamat dan sukses kepada H. Suardi Saleh, semogah tetap amanah dalam mempimpin  "Negeri Colliq Pujie,"  Kabupaten  Barru.

Ralla, 14 November 2017