Mohon tunggu...
Indah Wahyu Himayatul Islam
Indah Wahyu Himayatul Islam Mohon Tunggu... Mahasiswi UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Jangan Biarkan Aku Terbuka dan Menyayangi Orang Lain Melebihi Kasih Sayangku kepada Orangtuaku Sendiri

19 November 2019   05:30 Diperbarui: 19 November 2019   05:35 0 2 0 Mohon Tunggu...

Anak adalah anugerah terindah yang Tuhan titipkan pada kita, sudah sepantasnya kita sebagai orangtua harus senantiasa merawat dan menjaga anak sepenuh hati. Kasih sayang kita sangatlah dibutuhkan oleh anak, bisa jadi dia menjadi sangat bergantung pada kita. Karena sudah sepantasnyalah anak untuk selalu menjadikan orangtua sebagai rumah tempat dia pulang dan kembali. Kita sebagai orang tua harus bisa membuat anak senyaman mungkin dan percaya sepenuhnya terhadap kita, agar anak selalu bisa terbuka terhadap apapun yang ia rasakan. Sehingga kita dapat memberikan respon yang baik terhadap apa yang ia sampaikan.

Respon yang kita berikan harus baik, sekalipun apa yang dilakukan anak adalah sebuah kesalahan. Sebuah kesalahan bukan berarti harus disikapi dengan amarah, kita juga harus bisa mengendalikan emosi kita terhadap anak. Semarah-marahnya kita sebagai orang tua tetap saja tidak boleh ditujukan kepada anak, karena akan berpengaruh pada perkembangan emosionalnya. Apa yang anak lihat pada sikap dan perkataan kita dapat diingat dan suatu saat akan ia aplikasikan kepada orang lain. Penguasaan anak terhadap kata atau bahasa tergantung pada bagaimana kita pada tiga tahun pertama semenjak anak lahir, kita sebagai orangtua juga harus aktif mengajak anak berbicara sejak masih dalam kandungan.

Mengajak anak berkomunikasi sejak masih di dalam kandungan dapat merangsang stimulusnya sehingga dapat cepat tanggap dalam merespon apa yang disampaikan orang tuanya. Hal ini dapat membantu orangtua pada tiga tahun pertama, bisa dilihat apakah anak dapat merespon perkataan atau apa yang kita sampaikan. Perhatikan apa saja perkembangan yang telah terjadi pada anak, terus kontrol dan pantau perkembangan anak. Dengan memperhatikan, orangtua akan memikirkan langkah selanjutnya perkembangan apa lagi yang akan dipancing sehingga anak dapat tumbuh-berkembang sesuai dengan usianya. Dan menghindari perkembangan yang terlambat ataupun perkembangan yang terlalu cepat pada anak.

Perkembangan anak harus sesuai dengan umur dan waktu ketepatan ia berkembang. Jika terjadi keterlambatan dalam berkembang, anak sendiri akan sulit dalam berkomunikasi atau melakukan hal apapun yang ingin ia lakukan. Orangtua juga akan merasa iba melihat anaknya tidak tumbuh tepat seperti anak-anak pada umumnya. Penting bagi orangtua untuk selalu memantau perkembangan anak. Sehingga orangtua dapat mengetahui apa yang harus dilakukan setelah itu. 

Oleh karena itu, sebagai orang tua kita harus benar-benar mengerti karakteristik anak dengan baik. Agar anak merasa dipedulikan dan diapun akan memiliki respon yang sama. Orang tua diharuskan untuk dapat memenuhi kebutuhan kasih sayang anak, agar anak dapat menumbuhkan rasa nyaman, aman, dan tenang. Jika anak merasa nyaman, aman , dan tenang rasa percaya akan tumbuh sepenuhnya dalam dirinya. Sehingga anak akan selalu terbuka dan selalu bisa percaya bahwa hanya pada orangtuanya lah dia bisa mendapatkan kasih sayang yang tulus sepenuhnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x