Mohon tunggu...
Marga cindyelisa
Marga cindyelisa Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Ingin menambah yang kurang menjadi lebih

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dampak Pembelajaran Online Selama Covid 19 Menyebabkan Turunnya Kualitas Penduduk dalam Bidang Pendidikan

25 Oktober 2021   00:04 Diperbarui: 25 Oktober 2021   00:43 200
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA COVID 19 MENYEBABKAN TURUNNYA KUALITAS PENDUDUK DALAM BIDANG PENDIDIKAN

Abstrak 

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah dampak dampak pembelajaran online selama covid 19 menyebabkan turunnya kualitas penduduk dalam bidang pendidikan. Penelitian ini dilakukan di Desa wonoayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. 

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan tekhnik wawancara dan pengamatan secara langsung oleh peneliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari pembelajaran online selama pandemi terhadap turunnya kualitas pendidikan di desa wonoayu. 

Hasil dari penelitian ini pertama, siswa tidak memahami materi yang diajarkan selama daring. Ketika diadakan evaluasi di dalam kelas secara langsung hasil pekerjaan siswa jauh lebih bagus ketika mengejakan di rumah ketika pembelajaran daring dari pada ketika mengerjakan dikelas secara langsung.

Kata Kunci: Kualitas, Penduduk, Pendidikan, Pembelajaran Online

Pendahuluan

Sejak bulan Maret 2020 Indonesia digemparkan dengan masuknya wabah corona yang masuk ke Indonesia. Pada saat itu ada keputusan bahwa semua kegiatan yang menyebabkan kerumunan harus di cegah sementara waktu. Hal tersebut juga berlaku pada kegiatan pembelajaran baik dimualai dari tingkat dasar sampai keperguruan tinggi. Semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara Online. 

Hal tersebut merupakan awal perubahan dari sistem pendidikan di Indonesia. Awalnya kegiatan pembelajaran tidak pernah dilakukan secara online, karena masuknya wabah inilah yang membuat semua siswa maupun mahasiswa besera guru, dosen harus beralih untuk menggunakan media seperti HP Androis, laptop dan lain sebagainya dengan memanfaatkan beberapa aplikasi yang bisa dimanffaatkan, seperti whatssApp, Zoom, Google meet dan lain sebagainya.

Pada awalnya diperkirakan kegiatan pembelajaran secara online ini tidak akan dilakukan secara lama. Akan tetapi pendapat tersebut jauh diluar kenyataan seperti sekarang. 

Hampir mendekati dua tahun Indonesia melakukan kegiatan pembelajaran secara online tak terkecuali di wilayah kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. Wilayah ini sangat mematuhi protokol kesehatan dan selalu mematuhi aturan-aturan dari pemerintah untuk mengalihkan kegiatan pembelajaran secara daring. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun