Mohon tunggu...
Marga cindyelisa
Marga cindyelisa Mohon Tunggu... Mahasiswa

Ingin menambah yang kurang menjadi lebih

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Cara Mengatur Keuangan yang Wajib Diketahui Anak Kuliah

21 September 2019   18:00 Diperbarui: 21 September 2019   18:06 0 23 3 Mohon Tunggu...

Mengatur keuangan itu sangatlah penting. Terutama bagi seorang mahasiswa , banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Sehingga perlu untuk mengatur keuangan dengan sebaik-baiknya supaya uang itu bisa dimanfaatkan dengan benar. Mahasiswa saat ini sering terjerumus dalam budaya hedon. Hedon sudah tidak asing lagi bagi kalangan mahasiswa. 

Mereka sering belanja atau menghabiskan uang hanya untuk gaya hidup yang serba konsumtif. Kebiasaan ini sering dilakuakan oleh mahasiswa , terutama mahasiswa baru. Sehingga hedonism ini perlu dikurangi, apalagi mahasiswa rantau yang jauh dari orang tua. Untuk mahasiswa rantau memang harus benar-benar bisa untuk melatih kedisiplinannya dalam mengatur keuangan. 

Mahasiswa memang sudah tidak lagi diawasi oleh orang tuanya sehingga mereka bebas untuk belanja apapun seduai dengan keinginan mereka, meskipun itu sebenarnya barang yang tidak terlalu di perlukan atau masih bisa dikesampingkan. Hal itulah yang membuat mereka merasa nyaman dan akhirnya menjadi kebiasaan.

Berikut ini cara mengatur  keuangan untuk mahasiswa:

Menabung
Sebagai mahasiswa perlu sekali untuk menyisihka uang meskipun itu sedikit. Uang yang diberikan oleh orang tua jika lebih sebaiknya ditabung , bukan untuk dihabiskan meskipun orang tua memberikan uang bulanan lagi. Supaya jika ada kebutuhan yang penting setidaknya masih ada uang simpanan.

Membuat Perencanaa Keuangan
Maksud dari membuat perencanaan keuangan yaitu membuat daftar-daftar apa saja yang harus dibeli sesuai kebutuhan dan ditotal berapa biaya yang harus dikeluarakan. Sehingga kita tahu  jumlah pengeluaran pada bulan itu dan sebaiknya jumlah pengeluaran itu wajib untuk dicatat.

Mencari Kerja Sampingan
Ketika kita masih menjadi mahasiswa, memang oang tua yang membiayai kita dan masih menanggung biaya hidup kita mulai dari uang jajan dan lain-lain. Tetapi bukan berarti kita sepenuhnya harus mengandalkan orang tua. Alangkah baiknya jika kita mencari pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu jam kuliah kita dan belajar sehingga, kita bisa mempunyai penghasilan tersendiri dan sedikit meringankan beban orang tua kita meskipun tidak seberapa.

Hindari Keinginan Untuk  Membeli sesuatu yang Spontan
Mencoba untuk mengendalikan keinginan membeli sesuatu yang tiba- tiba terlihat oleh mata kita, terutama benda yang tidak terlalu penting pada saat itu.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x