Mohon tunggu...
Annisa ChusnulA
Annisa ChusnulA Mohon Tunggu... Mahasiswa - man jadda wa jadda

semua ada prosesnya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Perkembangan Islam pada Masa Nabi Muhammad

29 November 2019   18:42 Diperbarui: 24 Juni 2021   22:04 4253
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mengetahui Perkembangan Islam pada Masa Nabi Muhammad (unsplash/abdullah-oguk)

Sebelum datangnya bangsa Islam situasi Bangsa Arab terutama disekitar Mekah masih dihiasi berhala sebagai sesembahan oleh masyarakat sekitar. 

Selain menyembah berhala, masyarakat Arab juga menyembah agama Nasrani, dimana yang memeluk agama ini adalah masyarakat Yaman, Najran, dan Syam. 

Selain Nasrani juga terdapat agama Yahudi yang dipeluk oleh masyarakat Yahudi imigran di Yaman dan Madinah. Lalu juga terdapat agama Majusi, yaitu agama yang dipeluk oleh orang-orang Persia.

Baca juga : Peran Aliran Asy'ariyah dalam Perkembangan Islam

Demikianlah Nabi Muhammad lahir pada situasi dan kondisi tersebut. Zaman itu dikenal sebagai zaman Jahiliyah, yaitu masa kegelapan dan kebodohan dalam hal agama. 

Tetapi dalam hal ekonomi dan sastra bangsa Arab mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kota Mekkah merupakan kota pusat perangan dan jalur perdagangan dunia yang peting saat itu, yang menghubungkan antara Utara, Syam, dan selatan, Yaman, antara timur, Persia dan Barat Abesinia dan Mesir.

Sastra merupakan suatu hal yang dianggap penting oleh bangsa Arab, mereka memamerkan syair-syair mereka di asar Ukaz, majinnah dan Majjah. Mereka juga suka berperang, jadi perang antar suku merupakan hal yang sudah biasa pada saat itu. selain itu mereka juga suka menghormati tamu dan memberi perlindungan kepada siapapun yang datang meminta perlindungan. 

Baca juga : Peran Aliran Mu'tazilah Bagi Perkembangan Islam

Orang-orang quraisy juga suka bermusyawarah, buktinya mereka mempunyai lembaga yang bernama Darun Nadwah. Dan nabi Muhammad dilahirkan di lingkungan tersebut, da disiniah beliau menegakkan agama Islam.

Nabi Muhammad lahir pada tanggal 12 Rabiul Awal atau 20 April 571 M. Kelahiran nabi tersebut bersaan dengan peristiwa penyerangan ka'bah oleh raja abrahah dengan membawa pasukan gajahnya yang sangat besar dinamakan dengan Tahun Gajah. 

Beliau lahir dalam keadaan yatim, setelah berumur 8 tahun beliau menjadi yatim piatu, lalu beliau hidup bersama dengan kakek dan pamannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun