Mohon tunggu...
Annisa ChusnulA
Annisa ChusnulA Mohon Tunggu... Mahasiswa - man jadda wa jadda

semua ada prosesnya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Keutamaan Puasa Sunah Bulan Muharram

15 September 2019   14:36 Diperbarui: 15 September 2019   14:38 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Seperti yang kita ketahui, dalam islam ada beberapa hari yang sangat dianjurkan untuk berpuasa. Salah satu diantaranya adalah puasa sunah tasu'a dan puasa sunah asyura'. Kedua hari tersebut jatuh pada bulan Muharram hari ke 9 dan 10.Rasulullah SAW. Bersabda: "puasa yang paling afdhal setelah puasa Ramadlan adalah bulan Allah, Muharram".(HR.Muslim).

Adapun sejarah kedua puasa sunah tersebut yaitu berawal ketika Rasulullah menjalankan puasa asyura' pada tanggal 10 muharram. Lalu ada sahabat memberi tahu Rasulullah bahwasanya pada hari itu orang-orang Yahudi juga berpuasa bahkan orang-orang Yahudi juga mengagungkan hari itu. Oleh karena itu, Rasulullah bersabda akan menjalankan puasa tasu'a pada tanggal 9 muharram di tahun berikutnya.

Tetapi, belum sampai bulan Muharram di tahun berikutnya, Rasulullah telah wafat. Jadi meskipun secara hadist fi'liyyah Rasulullah beum pernah melaksanakanya, namun puasa ini sangat dianjurka karena sebelumnya Rasulullah sudah mengazamkannya. Maka pada hari itu para sahabatpun melaksanakan puasa sunah tasu'a sepeninggal Rasulullah. Lalu diteruskan oleh para tabi'in dan generasi sesudahnya hingga saat ini.

Rasulullah SAW. Sangat menganjurkan umatnya untuuk menjalankan puasa tersebut, karena disamping mendapat kesunahan juga bisa menghapuskan dosa setahun pada masa lalu. Eitss tapi niatnya jangan karena pahala yaa, tapi niat karena untuk mendapat ridhonya Allah SWT.

Sekian tulisan saya kali ini. Semoga bermanfaat dan membawa keberkahan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun