Mohon tunggu...
Rika Rahim
Rika Rahim Mohon Tunggu... mahasiswa ilmu pemerintahan

mahasiswa ilmu pemerintahan universitas abdurrab

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Ketegasan Soekarno Mengenai Pancasila

6 Januari 2020   19:35 Diperbarui: 6 Januari 2020   19:49 673 0 0 Mohon Tunggu...

Presiden soekarno merupakan salah satu kepala negara yang pernah diberikan kesempatan untuk menyampaikan pidato dihadapan kongres Amerika Serikat pada 17 mei 1956.

dalam pidato berbahasa inggris tersebut memaparkan konsep pancasila sebagai pedomana hidup bangsa indonesia, pancasila merupakan perwujudan dari nilai - nilai kehidupan yang meliputi, ketuhanan, kemanusiaan, nasionalisme demokrasi dan keadilan sosial.

yang didalam pidatonya Soekarno menjelaskan bahwa pada saat deklarasi kemerdekaaan kami, pada agustus 1945 kami menempatkan dalam pembukaan Undang-undang dalam pancasila, panca berarti lima sila yang berarti prinsip.

Soekarno juga menegaskan bahwa pancasila, lima prinsip yang menjadi panduan kami dalam kehidupan berbangsa dan pancasila sangat lah penting bagi NKRI.

dan hingga sampai pada saat sekarang ini pancasila merupakan acuan bagi rakyat indonesia, tetapi dengan seiringnya waktu banyak dari masyarakat itu sendiri tidak mengikuti aturan dari pancasila itu sendiri dengan maraknya kerusuhan, kekerasan bukan berarti pancasila itu yang perlu di rubah tetapi oknum atau masyarakat itu sendiri yang perlu mengubah cara pandang mereka.

Presiden Jokowi dodo juga menegaskan bahwa pancasila itu sudah final, tidak boleh dibicarakan lagi, kalaw ada yang keluar dari pancasila, UUD, dan NKRI serta dari keninekaan kita, itu sangat fundamental sekali.

Salah seorang pengamat politik Rocky gerung mengatakan bahwa jika presiden Jokowi dodo mengatakan bahwa negara pancasila sudah final maka itu salah tegasnya, tetapi rocky gerung menjelaskan lagi bahwa yang final menurutnya adalah negara republik, bukan negara pancasila dan di dalam UUD yang tidak boleh dirubah menurutnya cuman bentuk negara.

Rocky gerung juga tidak setuju banyaknya dari masyarkat dan politikus yang menyatakan bahwa pancasila merupakan ideologi negara, ideologi menurutnya adalah keyakinan ,yang mana dikatakan bahwa manusialah yang menganut ideologi bukan negara yang berkeyakinan tutur nya.

Budiman sudjatmiko politikus PDIP tidak setuju dengan yang dikatakan Rocky gerung mengenai pancasila bukan ideologi karena menurutnya jika dilihat dari pidato bungkarno pada 1 juni 1945 bahwa itu pancasila adalah sebuah methode dan jika di lihat lagi secara mendalam menurunya dari latar nya kita akan melihat konteks yang lain dan juga ada alur dan suatu yang logit dan bahkan tidak secara langsung bisa dilihat bahwa pada pidato itu tersirat adanya ideologi dan juga filsafat bahkan ada methode perjuangan tuturnya.

walaupun demikian kita sebagai warga negara yang baik harus cermat dalam melihat kondisi saat ini dan juga harua menerapkan pancasila dalam kehidupan dengan adanya pansila hidup akan terarah dan saling toleransi baik adanay perbedaan suku, bahasa ras dan lain- lain.

Satu yang pasti bahwa kita itu satu, satu dalam tekad ,perjuangan dan saling merangkul dalam kebaikan 

VIDEO PILIHAN