Mohon tunggu...
Hesti Kunia 1008
Hesti Kunia 1008 Mohon Tunggu... Mahasiswa

Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Peningkatan Daya Saingan Menggunakan Strategi Cluster Industri

10 November 2019   23:00 Diperbarui: 10 November 2019   23:07 0 0 0 Mohon Tunggu...

Kegiatan usaha saat ini banyak digemari oleh kalangan remaja ataupun usia muda. Pembacaan peluang usaha yang sudah mudah dibaca memudahkan para kalangan remaja dan usia muda ingin mengikuti kegiatan berusaha. 

Dalam usahanya pengelompokan usaha atau biasa yang kita dengar dengan cluster industri sangat membantu dalam meningkatkan daya saing yang sangat sehat dalam berwirausaha atau usaha. Pengelompokkan industri sudah bukan hanya dalam produk jadi saja tetapi jika suatu usaha industri bahan yang diperlukan tidak ada atau kehabisan maka produk mentahpun bisa saja laku terjual.

Cluster industri berfungsi untuk memenuhi kebutuhan yang belum ada dalam suatu industri yang sudah ada. Dalam perencanaan ekonomi wilayah konsep pengembangan cluster industri ini sangat membantu dalam kemajuan suatu ekonomi, hal tersebut bisa terjadi karena suatu industri dapat di dukung dengan industri-industri lain merupakan hal yang harus selalu di pertahankan. Tetapi dalam pengelompokan industri ini harus saling berkaitan dan bisa membantu satu industri dengan industri lainnya. Lingkungan yang tercipta akan terus berkembang dalam perekonomiannya, bukan daya saing yang keras namun cluster industri ini terbentuk karena adanya ikatan yang belum terpenuhi oleh industri lainnya.

Contoh mudah yang bisa kita ambil, ketika ada suatu industri batik hal apa yang bisa kita jual atau bisa kita bantu untuk membuat batik tersebut. Jika suatu industri batik tersebut membutuhkan pewarna pakaian, benang dan alat membantik. Lingkungan sekitar harus bisa membaca suatu tersebut agar tercipta lapangan kerja baru dan membentuk cluster industri yang nantinya akan menjadi daya saing yang saling berkaitan atau membutuhkan. Hal tersebut sangat menguntungkan bagi masyarakat sekitar, agar tercipta lingkungan yang produktif dan banyak lapangan kerja baru. Pengelompokkan industri bukan tentang berdirinya industri yang sama namun pengelompokkan dengan suatu ikatan yang saling berkaitan.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x