Mohon tunggu...
Jamil mibror
Jamil mibror Mohon Tunggu... Editor - mahasiswa

jangan berputus asa dari rahmat Allah SWT

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Bahaya Narkoba bagi Kesehatan Mahasiswa

22 Agustus 2019   23:01 Diperbarui: 22 Agustus 2019   23:00 660
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

BAHAYA NARKOBA BAGI KESEHATAN MAHASISWA

Bukan  rahasia  lagi bahwa Indonesia termasuk Negara penguna Narkoba terbanyak di Dunia. Oleh karena itu sebagai mahasiswa yang tidak ingin terjerumus dalam Dunia Narkoba, maka mahasiswa harus menghindari sejauh mungkin dan jangan pernah mencobanya, apabila kita sampai mencobanya satu kali maka kita akan merasakan kecanduan dan ketergantungan terhadap obat-obatan tersebut. Maka dari itu kita sebagai mahasiswa harus benar-benar menjaga diri agar tidak mendekati atau mencoba yang namanya Narkob karena sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Narkoba sendiri memiliki efek dan bahaya apabila dikonsumsi oleh mahasiswa. Ini efek dan bahaya yang ditimbulkan oleh narkoba yaitu:

Efek-efek  yang ditimbulkan terhadap pemakaian narkoba.

*HALUSINOGEN, yaitu efek dari narkoba yang bisa mengakibatkan pengunanya  berhalusinasi, berhalusinasinya yaitu mengira melihat suatu benda padahal sebenarnya tidak ada apa-apa.

*ADIKTIF, yaitu efek dari narkoba yang menimbulkan efek kecanduan ,jika mahasiswa sudah mencoba atau mengonsumsinya maka akan berefek negatif  karena bisa membuat candu sipenggunan dan penggunanya akan mengonsumsi obat-obatan terlarang tersebut secara terus-menerus. Dan secara tidak langsung narkoba akan memutuskan syaraf-syaraf yang ada diotak sipengguna narkoba.

*DEPRESAN, yaitu efek dari narkoba yang bisa mengakibatkan penekanan sistem syaraf pusat dan mengurangi aktivitas kinerja tubuh,sehingga penggun narkoba merasa tenang bahkan tertidur dan tidak sadarkan diri.

*Dan jika sudah terlalu lama atau sudah bergantung narkoba makan lambat laun organ dalam tubuh akan rusak dan sudah melebihi batas pengguna narkoba makan pengguna itu akan overdosis dan bisa mengakibatkan kematian.

Bahaya yang ditimbulkan narkoba bagi kesehatan tubuh

*Gangguan  sistem syaraf dan akn menganggu proses pembelajaran mahasiswa saat mengikuti perkuliahannya.

*Gangguan jantung dan paru-paru.

*Gangguan pembulu darah.

*Gangguan kulit.

*Gangguan kesehatan reproduksi.

*Sering sakit kepala, mual, muntah,insomnia,suhu tubuh meningkat dan mengakibakan keatian.

  

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun