Mohon tunggu...
irma haniatussaadah
irma haniatussaadah Mohon Tunggu... Lainnya - pembelajar

Hidup selalu lebih baik ketika kita tersenyum

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perubahan Gaya Belajar di Masa Pandemi Covid 19

5 Agustus 2021   22:50 Diperbarui: 5 Agustus 2021   23:12 1096
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Setelah munculnya wabah covid-19 di belahan bumi, sistem pendidikan pun mulai mencari suatu inovasi untuk proses kegiatan belajar mengajar. terlebih adanya surat edaran dari menteri pendidikan dari kebudayaan yang menganjurkan seluruh kegiatan di institusi pendidikan harus jaga jarak dan seluruh penyampaian materi akan disampaikan dirumah masing-masing. 

Akibat dari salah satu kebijakan tersebut adalah berubahnya cara belajar siswa dan cara mengajar guru. Literature review ini bertujuan untuk mengumpulkan dan menganalisa serta mencari kesamaan pandangan terhadap perubahan gaya belajar siswa dan guru selama pandemi, serta dapat memberikan konstribusi keilmuan dimasa mendatang. pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 membawa perubahan gaya belajar siswa. 

Ada perubahan gaya belajar positif dimana siswa menjadi lebih aktif dan kreatif, ada juga perubahan negatif dimana terjadi penurunan motivasi belajar siswa. pendidikan adalah kunci utama sebagai penentu perubahan gaya belajar dimasa pandemi covid-19 ini dan dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam membangun minat dan motivasi belajar siswa. 

Disamping itu teknologi juga perlu terus ditingkatkan kualitasnya sebagai sarana terpenting yang mendukung proses tersebut. pemerintah diharapkantidak menutup mata terhadap masalah yang terjadi terkait dengan teknologi sebagai sarana pendukung pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh.

Dengan banyaknya aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pembelajaran daring, pendidik dapat lebih mudah memantau peserta pendidik dapat lebih mudah memantau peserta didiknya secara bersamaan. contoh aplikasinya yaitu, zoom, google meet, telegram, whatshap grup, dan lain sebagainya. 

Dengan aplikasi tersebut pendidik dapat memberikan materi atau sebuah penjelasan materi dan siswa bisa diberikan tugas terstruktur. secara tidak sadar, dengan adanya pandemic, dunia pendidikan dipaksa untuk bertransformasi dengan pembelajaran daring, tentunya belum semuanya siap. 

Berbagai macam media pembelajaran baik dari pemerintah maupun swasta pun sudah tersedia. namun dengan adanya perubahan pembelajaran di masa pandemi ini, muncul polemik masyarakat. pembelajaran daring tidak mudah bak bagi pendidikan peserta didik, pendidik harus bisa bagaimana caranya materi bisa tersampaikan dan mudah ditangkap oleh peserta didik. masa pandemi seperti ini merupakan peluang dalam pendidikan, secara tidak sadar kita menjadi terbiasa dengan pemanfaatan teknologi seiring dengan industry peran orang tua. 

Peran orang tua sangat dibutuhkan, mendampingi sang anak belajar dari rumah seperti menjadi guru dirumah selama masa pandemi. tentunya pembelajaran daring juga memiliki tantangan tersendiri, masalah soal akses internet. bagi mereka yang tinggal didaerah pelosok, ini menjadi masalah utama. banyak tantangan yang lainnya seperti kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran, fasilitas seperti handphone dan akses internet dan lain sebagainya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun