Mohon tunggu...
Edi Abdullah
Edi Abdullah Mohon Tunggu... Administrasi - Bekerja Sebagai Widyaiswara Pada Lembaga Administrasi Negara RI

RIWAYAT PEKERJAAN.\r\n1. DOSEN PADA UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR TAHUN 2008-2011.\r\n2.DOSEN PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. TAHUN 2008.\r\n3. DOSEN PADA STIH COKROAMINOTO TAHUN 2009-2012.\r\n4. DOSEN PADA STMIK DIPANEGARA TAHUN 2009-2012.DENGAN NOMOR INDUK DOSEN NASIONA(.NIDN ) 09101182O1. \r\n6.BEKERJA SEBAGAI ADVOKAT PADA TAHUN 2008-2011.\r\n7. BEKERJA SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI PKP2A II LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA RI. SEJAK TAHUN 2011-SEKARANG\r\n.\r\nPENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK,HUKUM, POLITIK LAN MAKASSAR, WIDYAISWARA BIDAnG HUKUM LAN MAKASSAR\r\n\r\nKARYA ILMIAH ;BUKU PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA,merobek demokrasi\r\nFROM PINRANG TO MAKASSAR\r\n\r\

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Kecerdasan Financial Menghadapi Tanggal Tua

9 Oktober 2021   07:47 Diperbarui: 9 Oktober 2021   07:55 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber foto: lord edi abdullah

"Belajarlah Bersabar Dari Kelimpahan yang kau miliki, Karena Hakikat kesabaran bukan hanya ketika engkau tidak memiliki sepeserpun atau apapun " Lord edi abdullah

Mengelolah Keuangan sangat penting saat ini dilakukan jika tidak maka Anda akan menyesal, mengelolah keuangan atau finasial bukan hanya urusan pebisnis namun juga seornag karyawan karyawan. memiliki kemampuan pengelolaan keuangan yang baik akan membuat hidup penuh kelimpahan Rezki, Bahkan Pebisnis dan Penulis Terkenal yakni Robert Kiyosaki Dalam Bukunya Rich Dad, Poor Dad, menekankan kita tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual namun kita harus juga memiliki Kecerdasan Finansial.

Robert T Kiyosaki bahkan mengatakan ciri orang kaya secara financial itu tidak bekerja untuk uang, namun mereka membuat uang bekerja untuknya, dalam artian bahwa orang Cerdas Financial Mampu mengelolah keuangannya secara baik untuk mendatangkan uang yang lebih banyak dalam hidupnya.

Ada dua hal yang harus kita pahami dalam kecerdasan finansial yakni Aset Dan Liabilitas, Aset Bisa dikatakan sebagai segalah sesuatu maupun hal yang membuat uang masuk dikantong Anda meskipun kita tidak aktif untuk bekerja, namun uang tetap mengalir terus, Contoh misalnya usaha Rumah Kost

Sedangkan Liabilitas adalah segalah hal yang membuat kita harus mengeluarkan uang dari kantong kita, Contoh liabilitas adalah membeli mobil mewah yang pada ujungnya akan membuat Anda mengeluarkan uang untuk membelinya dan tentunya biaya Servis Berkala dan perawatan Mesin, belum lagi kalau belinya kredit maka kita harus mengeluarkan uang setiap bulannya untuk membayar kredit, maka dipastikan tanggal tua akan membawah kemarau dalam keuangan Anda.

Karena itu bagi mereka yang memiliki kecerdasan Finansial maka aset akan diusahakan didatangkan untuk mendapatkan aliran uang, sedangkan bagi mereka yang melek finacial mereka hanya terfokus pada kemewahan dan terus mengeluarkan uang dalam hal ini memperbanyak liabilitasnya.

Bagi mereka yang memiliki Finansial aset maka Tanggal Tua dan tanggal muda bagi mereka tidak ada bedanya semuanya sama rasanya, sama dampaknya, namun bagi mereka yang yang fokus liabilitas maka tanggal tua dan tangga muda akan terasah bedanya. Tanggal tua mendatangkan kehampaan dan kekosongan dompet yang rasanya menyakitkan, apalagi kalau hanya mengandalkan gaji (Income aktif) semata sebagai Pekerja/Pegawai.

Dan tentunya untuk mengelolah keuangan ditanggal tua berikut ini beberapa tipsnya.

Pertama, belanjalah kebutuhan bukan keinginan, penuhi apa yang menjadi kebutuhan pokok, sehinggah ekonomi tetap jalan meskipun penghasilan pas-pasan,ketika kita mampu memproyeksikan kebutuhan dan keinginan dalam mengelolah uang ditangan Anda maka Anda sebenarnya sudah memiliki kecerdasan Finansial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun