Mohon tunggu...
Edi Abdullah
Edi Abdullah Mohon Tunggu... Administrasi - Bekerja Sebagai Widyaiswara Pada Lembaga Administrasi Negara RI

RIWAYAT PEKERJAAN.\r\n1. DOSEN PADA UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR TAHUN 2008-2011.\r\n2.DOSEN PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. TAHUN 2008.\r\n3. DOSEN PADA STIH COKROAMINOTO TAHUN 2009-2012.\r\n4. DOSEN PADA STMIK DIPANEGARA TAHUN 2009-2012.DENGAN NOMOR INDUK DOSEN NASIONA(.NIDN ) 09101182O1. \r\n6.BEKERJA SEBAGAI ADVOKAT PADA TAHUN 2008-2011.\r\n7. BEKERJA SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI PKP2A II LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA RI. SEJAK TAHUN 2011-SEKARANG\r\n.\r\nPENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK,HUKUM, POLITIK LAN MAKASSAR, WIDYAISWARA BIDAnG HUKUM LAN MAKASSAR\r\n\r\nKARYA ILMIAH ;BUKU PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA,merobek demokrasi\r\nFROM PINRANG TO MAKASSAR\r\n\r\

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Memasuki Endemi Jangan Kendorkan

2 Oktober 2021   08:41 Diperbarui: 2 Oktober 2021   08:45 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber foto: lord edi abdullah

"jika hal itu tidak berlalu, maka kita harus memilih cara lain untuk utuk berlalu darinya" Lord edi abdullah

Pandemi dan endemi dua kata yang sekilas mirip namum memiliki makna yang berbeda,Pandemi secara umum adalah wabah sebuah penyakit yang terjadi dan dialami seluruh dunia, wabah ini bersifat global didunia, seperti Covid-19, sedangkan Endemi adalah penyakit yang muncul dan menjadi karakteristik sebuah wilayah, menyebar secara cepat dan akan selalu ada.

Saat ini beberapa dunia sudah menganngap covid-19 sebagai endemi dimana diyakini akan tetap ada dan sulit lagi dibasmi dan dihilangkan dari kehidupan dunia ini, demikian pula saat ini kita sudah harus bersiap menghadapi Covid-19 dan menjadikan dia Endemi.

Endemi adalah awal kita memulai kembali dan menata tataran kehidupan menjadi Normal, ketakutan yang saat lalu membelenggu bahkan sampai kepada karantina wilayah, berdampak besar dan berpengaruh dalam berbagai sendi kehidupan, perekonomian lumpuh ,mall,pasar yang biasanya dibuka tiba-tiba menjadi sepi dan ditutup akibat skala Pendemi Covid-19 yang begitu Dahsyat menyebar dan menyebabkan kematian

Tentunya kita menyadari betul pandemi ini tidak akan pernah berakhir dan dia akan tetap ada karena itu status kehidupan akan kita mulai dengan endemi, kini saatnya kita untuk bersiap hidup berdampingan dengan ketakutan itu sendiri yakni Covid-19, satu hal yang pasti bahwa jagan sampai Endemi ini membuat kita kendor.

Tetaplah selalu waspada mematuhi protokol kesehatan ,memakai masker, rajin cuci tangan dan tentunya jangan pernah melupakan untuk berolah raga, dan yang terpenting rajinlah untuk beribadah karena semuah tempat ibadah dipastikan akan kembali dibuka seperti sedia kalanya, kembali menjadi Normal.

Menjalani kehidupan normal bersama endemi tentunya tidak lengkap rasanya jika kita tidak melengkapi diri dengan hal yang bisa melindungi kita dari bahaya ,jika biasanya kita naik motor dengan memakai helm yang berfungsi sebagai pelindung kepala jika sewaktu-waktu terjatuh

Maka untuk melindungi diri ini dari Covid-19 maka sebelum memasuki endemi maka dengan kesadaran diri mari kita mengikuti program Vaksin, dengan Vaksin hal ini dapat memperkuat immunitas diri kita dari kemungkinan terserang dan terjangkit Covid-19.

Mengikuti Vaksin asalah solusi terbaik untuk membekali diri dalam memasuki endemi, memasuki endemi maka kita harus memiliki pola berbeda sebelum datangnya pandemi, jika dulu kita bisa bebas-sebebasnya, maka saat endemi kita tetap harus waspada seperti misalnya tetap memakai masker jika menghadiri kerumunan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun