Mohon tunggu...
Edi Abdullah
Edi Abdullah Mohon Tunggu... Bekerja Sebagai Widyaoswara Pada Lembaga Administrasi Negara

RIWAYAT PEKERJAAN.\r\n1. DOSEN PADA UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR TAHUN 2008-2011.\r\n2.DOSEN PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. TAHUN 2008.\r\n3. DOSEN PADA STIH COKROAMINOTO TAHUN 2009-2012.\r\n4. DOSEN PADA STMIK DIPANEGARA TAHUN 2009-2012.DENGAN NOMOR INDUK DOSEN NASIONA(.NIDN ) 09101182O1. \r\n6.BEKERJA SEBAGAI ADVOKAT PADA TAHUN 2008-2011.\r\n7. BEKERJA SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI PKP2A II LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA RI. SEJAK TAHUN 2011-SEKARANG\r\n.\r\nPENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK,HUKUM, POLITIK LAN MAKASSAR, WIDYAISWARA BIDAnG HUKUM LAN MAKASSAR\r\n\r\nKARYA IOMIAH ;BUKU PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA,merobek demokrasi\r\nFROM PINRANG TO MAKASSAR\r\n\r\

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

MOCC atau Massive Open Online Course pada Pendidikan dan Pelatihan ASN

26 Januari 2021   12:32 Diperbarui: 26 Januari 2021   12:44 145 1 0 Mohon Tunggu...

MOCC atau Massive Open Online Course adalah model pembelajaran daring atau secara Online yang melibatkan banyak peserta, Model MOCC ini sudah sukses diterapkan dibeberapa perguruan tinggi baik didalam maupun diluar negeri, beberapa perguruan tinggi seperti Harvad University, Oxford university sudah menerapkan hal tersebt.

Pembelajaran daring secara MOCC ini sangat membantu sekali dan hal ini sangat tepat digunakan dimasa pandemi saat ini, dan kedepannya Pembelajaran secara MOCC atau Massive Open Online Course akan berlaku permanen dan diterapkan pada Pelatihan dan Pendidikan Aparatus Sipil Negara,

Jika hal ini kemudian diterapkan dalam birokrasi khususnya dibidang Pengembangan ASN maka dipastikan, proses Pelatihan ASN tidak lagi terfokus semata Kepada Tenaga Pengajar atau Fasilitator yang selama ini terjadi, Ketika Proses Pembelaran dilakuka secara klasikal

Hal ini sejalan dengan  pendekatan heutagogi dalam pembelajaran  yang pertama kali dicetuskan oleh stewart dari southhern cross university, dimana pembelajaran ini menitik beratkan kepada peserta untuk memilih proses pembelajaran apa yang dia senangi.

Pendekatan Massive Open Online Course ini akan memberikan pilihan kebebasan kepada peserta untuk menentukan konten yang dia akan pelajari, sesuai dengan waktu dan keinginanya, MOCC sangat Fleksibel sekali dari aspek waktu karena dimanapun ,kapanpun peserta Pelatihan bisa belajar dimana saja secara mandiri, dengan catatan tentunya selama yang bersangkutan memiliki jaringan atau akses internet .

Kelebihan lain aspek Pembelajaran MOCC ini bisa dilakukan dalam satu waktu dimana megakomodasi ribuan bahkan jutaan peserta sekaligus, sehinggah efesiensi waktu belajar bisa lebih efektif dan efesien, apalagi jika kemudian menghadapi Ribuas peserta CPNS yang akan didiklat sekaligus secara bersamaan, maka MOCC bisa menjadi terobosan untuk memantu hal tersebut.

Datangnya MOCC maka secara Perlahan peranan Fasilitator dalam kelas akan mulai berkurang karena peserta sudah disajikan  konten atau materi yang telah dipersiapkan oleh penyelenggara pelatihan, MOOC akan membawah perubaha besar kedepannya dalam pelatihan ASN baik pada aspek anggaran maupun efesiensi waktu.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x