Mohon tunggu...
Edi Abdullah
Edi Abdullah Mohon Tunggu... Administrasi - Bekerja Sebagai Widyaiswara Pada Lembaga Administrasi Negara RI

RIWAYAT PEKERJAAN.\r\n1. DOSEN PADA UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR TAHUN 2008-2011.\r\n2.DOSEN PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. TAHUN 2008.\r\n3. DOSEN PADA STIH COKROAMINOTO TAHUN 2009-2012.\r\n4. DOSEN PADA STMIK DIPANEGARA TAHUN 2009-2012.DENGAN NOMOR INDUK DOSEN NASIONA(.NIDN ) 09101182O1. \r\n6.BEKERJA SEBAGAI ADVOKAT PADA TAHUN 2008-2011.\r\n7. BEKERJA SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI PKP2A II LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA RI. SEJAK TAHUN 2011-SEKARANG\r\n.\r\nPENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK,HUKUM, POLITIK LAN MAKASSAR, WIDYAISWARA BIDAnG HUKUM LAN MAKASSAR\r\n\r\nKARYA ILMIAH ;BUKU PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA,merobek demokrasi\r\nFROM PINRANG TO MAKASSAR\r\n\r\

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Tanggung Jawab adalah Esensi Kehidupan

22 Januari 2021   08:44 Diperbarui: 22 Januari 2021   08:49 553
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Semangat Pagi...semuanya, pada kesempatan ini, kita akan membahas nilai anti Korupsi Tanggung Jawab, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Tanggung Jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatu,sehinggah kewajiban menanggung,memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggug akibatnya, sehinggah bertanggung jawab merupakan berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatu sebagai kesadaran dan kewajibannya akan tingkahlaku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja karena adanya kesadaran atas segala perbuatan dan akibatnya atas kepentingan pihak lain.

Tangung Jawab adalah ssebuah pilihan dari drama kehidupan, Tanggung jawab adalah apa yang terpikul dalam pundak, Tanggung jawab akan lahir dengan sendirinya ketika engkau diberikan kesempatan untuk memikul suatu Tugas, Pekerjaaan maupun Jabatan.

Korupsi dan kejahatan terlintas menjadi realita ketika hati dan pikiran tidak mampu lagi menguasai diri sebagai bagian dari tanggung jawab yang melekat dalam jabatan atau kedudukan, bukankah Jabatan dan kedudukan adalah Amanah yang harus dijaga dan dilaksanakan sebaik-baiknya, sebagai bentuk konsekwensinya adalah kita menyadari bahwa Jabatan tersebut akan kita Pertanggung jawabkan.

Ketika kita menyadari bahwa jabatan dan kedudukan adalah tanggung jawab, maka kita harus mencurahkan segala kemampuan yang kita miliki untuk memberikan yang terbaik kepada, Masyarakat ,Bangsa dan Negara, Tak terkecuali Tanggung Jawab kepada Tuhan.

Pepatah mengatakan " Orang Sukses dan Hebat tidak menyalahkan orang lain, Tapi Mengambil Tanggung Jawab atas Tindakannya".

Demikianlah tanggung jawab, apapun yang anda lakukan, apapun yang anda kerjakan,maka semuanya pasti anda Pertanggung jawabkan, semuanya kembali kepada diri anda sendiri, sebagai bagian dari Resiko setiap perbuatan yang anda lakukan.

Karena itu jalan tanggung jawab itu sebaik-baiknya, selurus-lurusnya, katakan yang benar jika itu benar, katakan hitam jika itu adalah hitam, jangan putihkan yang hitam sebaliknya jangan hitamkan yang putih, itulah tanggung jawab,

Hidup hanyalah sementara semuanya akan sirna dan kembali kepadanya dialah sang pencipta, Tuhan Yang Maha Esa, semuanya akan kita pertanggung jawabkan kepadanya,

Jabatan, Kekayaaan, adalah sesuatu yang belum pasti namun Kematian adalah sebuah kepastian, maka teruslah berbuat baik dan jangan pernah melakukan Korupsi yang menyengsarakan rakyat, bangsa dan Negara.

Sebagai Penutup tulisan ini ijinkan saya menyampaikan kata bijak "sesungguhnya Bertanggung Jawab bukan hanya untuk apa yang kita lakukan, Tapi Juga Untuk apa yang tidak Kita Lakukan".

Edi Abdullah/ PAK   915.100057.2018

Widyaiswara LAN RI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun