Layanan Birokrasi saat ini masih belum dianggap belum emkasimal dan memuaskan dalam masyarakat baik layanan birokrasi negakan Hukum, Layan sektor Publik maupun pelayanan lainnya.sebagai seorang ASN tentunya kita harus memahami Benar fungsi kita , selama ini mungkin dengan keangkuhan yang ada justru meminta dilayani masyarakat padahal sejatinya ASN adalah pelayan masyarakaT.
Laernig orgnisasi sebenarnya suda lama diterapka dalam duia swasta hal inilah yang kemudian dicobah dan dibawah kedalam dunia birokrasi demi tercapainya pelayanan yang profesional dalam bahasa Inggris Leraning orgnisasi bisa disebutkan Bahwa "Learning organization is a company that Facilties the learning of its members and continuosusly transform itslef ".
Jadi bisa dikatakan bahwa orgnisasi pembelajar merupakan sebuah kegiatan dimana birokrasi akan memfasilitasi sebua ASN yang ada didalam orgnisasi tersebut untuk terus mengenmbangkan kemampuannya. Sehingga tidak ada kata berhenti untuk terus belajar dan hal ini sangat sejalan dengan UU nomor 5 tahun 2014 Tentang ASN. Dimana dalam UU tersebut sudah mengakomodasi hak ASN untuk dikembangkan kompetensinya.
Menurut Peter senge untuk mencapai Learning Orgnization maka diperlukan beberapa hal :Pertama System thinking;Kedua personal mastery;ketiga Mental models;keempat Shared vision;dan terkahir Team learning.jika semua hal ini dilakukan dalam birokrasi maka yakinlah birokrasi akan menjadi Learning organization tentunya semua keputusan berada pada paradigsm leader dan Workers (ASN).
*Penulis adalah Trainer Metamorfosis Leadership dalm Birokrasi.