Mohon tunggu...
PenaKita
PenaKita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis Artikel, Cerpen, Novel, dan lain sebagainya

Ordinary citizen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengabdian Masyarakat UTM Ikut Membantu Kegiatan Rutin Posyandu di Desa Tebul, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan

5 Juli 2022   11:12 Diperbarui: 5 Juli 2022   12:21 34 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto: Mahasiswa KKNT UTM 124 memberikan edukasi terkait parenting pada ibu-ibu di Desa Tebul, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan. (Dokpri)

Pos  Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan  bersumber daya masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama  masyarakat  dalam  penyelenggaraan pembangunan kesehatan.

Fungsi Posyandu yaitu untuk memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan  kesehatan  dasar  guna  mempercepat penurunan angka  kematian ibu dan bayi.  Pos Pelayanan  Terpadu  (Posyandu)  adalah perpanjangan tangan Puskesmas yang memberikan pelayanan  dan  pemantauan  kesehatan  yang dilaksanakan secara terpadu.

Masalah kesehatan anak sudah menjadi salah satu masalah utama dalam dunia kesehatan saat ini. Derajat  kesehatan anak mencerminkan derajat kesehatan bangsa,  sebab anak sebagai generasi penerus bangsa memiliki kemampuan yang dapat dikembangkan dalam meneruskan pembangunan bangsa.

Mengingat jumlah  balita di Indonesia  sangat besar yaitu sekitar 10 persen dari seluruh populasi, maka sebagai calon  generasi penerus bangsa, kualitas tumbuh  kembang balita di Indonesia perlu  mendapat perhatian serius yaitu mendapat  gizi yang baik, stimulasi yang memadai  serta terjangkau oleh pelayanan kesehatan  berkualitas termasuk deteksi dan intervensi  dini penyimpangan tumbuh kembang (Kemenkes RI,2014).

Dalam kegiatan rutin yang dilakukan oleh posyandu ini mahasiswa KKNT UTM 124 turut serta membantu dan sekaligus melakukan program kerja mereka yang berkaitan dengan kegiatan ini,yaitu  edukasi terkait parenting serta metode deteksi dini perkembangan psikologis dan fisik. Bertempat di rumah salah satu warga di Desa Tebul, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Rabu (15/6/2022).

Foto: Mahasiswa KKNT UTM 124 mengisi koesioner terkait deteksi dini perkembangan psikologis dan fisik anak  pada ibu-ibu di desa Tebul, Kwanyar. (Dokpri)
Foto: Mahasiswa KKNT UTM 124 mengisi koesioner terkait deteksi dini perkembangan psikologis dan fisik anak  pada ibu-ibu di desa Tebul, Kwanyar. (Dokpri)

Siti Mukminah selaku bidan Desa mengatakan bahwa kegiatan posyandu ini rutin dilaksanakan setiap bulannya. namun karena banyaknya dusun di tebul, kegiatannya di bagi menjadi beberapa waktu yakni setiap rabu di 3 dusun di Tebul.

Pelayanan posyandu sangat penting untuk tumbuh kembang anak selama masa keemasannya (0-5) hinggan balita. Dimana pada umur tersebut bila pemberian gizi serta stimulus anak diberikan dengan baik maka akan membantu anak dalam masa perkembangannya.

"Kegiatan rutin dilakukan oleh posyandu setiap setiap Minggu, di dusun setiap hari Rabu. kegiatan ini dilaksanakan guna untuk pemberian vaksin kepada anak-anak balita di daerah Tebul. dan di sini mahasiswa KKN tematik 124 berperan untuk membantu serta melaksanakan sebagai salah satu program kerjanya. Proker nya sendiri berupa edukasi parenting serta metode deteksi dini perkembangan psikologis dan fisik" ujar Arikatul Maimuna salah satu mahasiswa KKNT 124 UTM.

Sumber

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan