Mohon tunggu...
PenaKita
PenaKita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis Artikel, Cerpen, Novel, dan lain sebagainya

Ordinary citizen

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengabdian Masyarakat UTM Sosialisasikan Ekonomi Kreatif kepada Masyarakat

4 Juli 2022   16:23 Diperbarui: 4 Juli 2022   17:11 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa kuliah kerja nyata kelompok 85 Universitas Trunojoyo Madura saat melakukan sosialisasi (Foto: Dok. pribadi)

Sejumlah mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Trunojoyo Madura ( UTM) yang tergabung dalam kelompok 85 dengan dosen pembimbing lapangan yaitu Bapak Fajar, S.H.I., M.H. telah mensosialisasikan ekonomi kreatif, UMKM Go Digital, dan Pengenalan Produk UMKM kepada warga Desa Dabung, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan.

Acara yang bertempat di Desa Dabung, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan itu juga dihadiri langsung oleh Ibu-Ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu 12 Juni 2022.

Abd Holik selaku Kordes menjelaskan, disosialisasikannya ekomoni kreatif merupakan bagian dari membangun kemandirian ekonomi, dan nantinya akan dapat mendorong UMKM di Desa.

“Pentingnya UMKM kreatif seperti singkong, pisang dan ubi-ubian lainnya guna meningkatkan penghasilan sehari hari,” jelasnya, Senin (23/06/22).

Mahasiswa kuliah kerja nyata kelompok 85 Universitas Trunojoyo Madura saat melakukan sosialisasi (Foto: Dok. pribadi)
Mahasiswa kuliah kerja nyata kelompok 85 Universitas Trunojoyo Madura saat melakukan sosialisasi (Foto: Dok. pribadi)

Alasan kami mengambil keripik singkong, sambungnya, menurutnya singkong adalah salah satu makanan kesukaan orang Madura, ditambah masyarakat juga banyak yang mempunyai kebun singkong tersebut.

Tidak hanya itu, ia juga mengatakan telah memberikan edukasi terkait proses pemasaran pada setiap produk yang sudah dibuatnya bersama masyarakat.

“Kami memberikan tips and trik cara pemasaran produk UMKM, yakni melalui toko toko yang ada di sekitar desa juga tidak lupa media online, karna kami sadar pengaruh media online terhadap pemasaran produk produk UMKM,” katanya.

Maka nanti menurutnya, melalui edukasi dan sosialisasi itu, ia berharap dapat memberikan sebuah pengetahuan baru di dalam meningkatkan kemandirian ekonomi di Desa.

“UMKM keripik singkong ini ditindak lanjuti oleh masyarakat dabung, seperti apa yang diinginkan oleh kepala Desa Dabung sendiri guna meningkatkan penghasilan dan peluang bisnis yang ada,” tutup Kholik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun