Mohon tunggu...
YOHANES MARENDRACHRISTYOSAKTI
YOHANES MARENDRACHRISTYOSAKTI Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Sekedar hobi dan tugas

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

"Hear to Share", Mendengar untuk Berbagi

24 Mei 2019   00:31 Diperbarui: 24 Mei 2019   01:22 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Minggu, 18 Mei 2017 bertempatan di  Deaf Art Community dekat dengan alun alun kidul Selatan yang merupakan komunitas untuk tuna rungu. UKM Renang UAJY mengadakan acara bakti sosial bertujuan untuk berkunjung dan saling berbagi informasi cara berkomunikasi dengan tuna rungu.

Tepat pukul 14.30, kami tiba di tempat dan memakirkan motor dengan rapi. Kami pun juga disambut hangat oleh komunitas DAC. Para panitia pun menyiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk acara tersebut. Setelah persiapan oleh panitia, kami melakukan perkenalan mulai dari para peserta, panitia dan juga komunitas. Perkenalan dari temen difabel di bantu oleh komunitas. 

Perkenalan pun usai, dilanjutkan dengan penyampaian dasar berkomunikasi menggunakan tangan. Diawali dengan huruf dari a hingga z. Lumayan sulit diawal nya, tapi setelah dicoba ber ulang kali menjadi mudah. 

Setelah mempelajari dasar, kami di ajarkan bagaimana cara berkomunikasi. 

Nah... disini lah bagian tersulitnya. Karena memiliki gerak gerik yang rumit. Setiap pergerakan tangan memiliki arti yang berbeda-beda. Kalau digambarkan kesulitannya seperti berbicara biasa, tetapi setipa kosa kata memiliki makna yang berbeda-beda. Dan juga di tambahkan dengan pergerakan mulut yang sesuai dengan pergerakan tangan. Tetapi dengan seiringnya berjalan waktu, perlahan kami memahaminya.

Acara ini bertepatan pada bulan puasa. Setelah pemberian materi, kami dibagi beberapa kelompok. Tujuan dibagi kelompok untuk berpencar menjual kolak yang telah disediakan oleh panitia. 

Ada yang dibagi arah Utara dari lokasi, Selatan dari lokasi dan di alun-alun kidul Selatan. Saya termasuk ke dalam kelompok yang berlokasi di Utara. Kami berkeliling menawarkan kolak kami. Ada pejalan kaki, ibu-ibu yang sedang siram taman, bahkan pengendara yang lewat juga membeli kolak kami. 

Setelah lelah berkeliling, kami pun istirahat di benteng terdekat. Seiring menunggu waktu yang sudah ditentukan, kami pun berbincang bincang mengulurkan waktu. Jam pun sudah menunjukan pukul 18.00, k ami pergi kembali ke DAC.

Foto Arsip Kegiatan
Foto Arsip Kegiatan
Setelah semua berkumpul kembali, disambut dengan makan malam sekaligus berbuka puasa bersama komunitas DAC. Hidangan dengan nasi, ayam goreng, kolak dan juga ada minuman sirup yang menyegarkan tenggorokan. Makan bersama sambil bercerita dengan komunitas DAC dan teman difabel. 

Betapa seru nya mendengarkan cerita mereka, sebaliknya kami menceritakan kegiatan yang kami lakukan di kampus. Selesai nya makan malam, ada beberapa penampilan Pentas Seni (Pensi) yang diadakan oleh panitia, yaitu tari dance yang ditampilkan oleh 5 orang. Dan juga ada acara lain seperti menggambar, stand up comedy, dan juga sharing.

Foto Arsip Kegiatan
Foto Arsip Kegiatan
Hari pun sudah malam menunjukan pukul 20.00, para panitia bersiap siap membereskan barang dibantu oleh beberapa peserta. Sebelum kami menutup acara, kami berfoto bersama dengan spanduk bertuliskan hear to share sesuai dengan tema pada hari ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun