Mohon tunggu...
Gordi Afri
Gordi Afri Mohon Tunggu...

Alumnus STF Driyarkara, Jakarta, 2012. Sekarang tinggal di Yogyakarta. Simak pengalamannya di http://gordyafri.blogspot.com dan http://gordyafri2011.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Dua Topik Terhangat dalam Sepekan

16 September 2012   15:18 Diperbarui: 25 Juni 2015   00:22 2395 3 2 Mohon Tunggu...

Setiap pekan selalu ada topik hangat yang dibicarakan. Ini menjadi pusat perbincangan masyarakat. Biasanya isu seperti ini menjadi terkenal dan gaungnya menggema. Dengan sedikit sentuhan pembicaraan, masyarakat luas langsung meributkannya. Ribut dalam pengertian dengan ramai membicarakannya. Kabar angin untuk setiap isu pun bermunculan. Berbagai mitos juga tercipta. Ini tentang topik yang sedang ramai diperbincangkan di masyarakat. Meski alat komunikasi semakin canggih, kabar angin tentang sebuah topik masih mendominasi dunia informasi.

Dua topik hangat yang dibicarakan minggu adalah tentang pemilihan kepala daerah di Jakarta dan PON Riau juga pertandingan sepak bola di 3 negara Eropa yakni Inggris, Italia, dan Spanyol. Kalau dirangkum akan menjadi 2 yakni dalam negeri dan luar negeri. Tetapi kalau dipisahkan satu per satu menjadi 3. Pilkada, PON, dan pertandingan sepak bola. Daripada banyak, sepakat saja menjadi 2 topik hangat.

Isu PON Riau menjadi perbincangan banyak orang. Ada kritikan, ada pujian untuk atlet, ada saling mempermasalahkan karena gagal meraih prestasi, ada keluhan atlet, dan sebagainya. Semuanya menjadi informasi. Informasi yang kadang-kadang mencengangkan masyarakat luas. Penyebabnya adalah banyaknya sumber informasi.

Lain lagi dengan isu pilkada Jakarta. Ada adu pendukung kedua kubu. Ada perbedaan pendapat soal pelaksanaan kampanye. Ada keributan soal pelanggaran kampanye dan penyebaran spanduk. Ada adu ide tentang perbaikan Jakarta. Ada adu perang klaim keberhasilan, dan sebagainya. Semuanya mendominasi pemberitaan di media elektronik dan media massa.

Di sisi lain muncul juga spekulasi soal pemenang sebuah pertandingan. Ada adu sorak-sorai dalam mendukung kelompok favoritnya. Ada adu ejek karena gagal memenangkan pertandingan. Paling enak memang hidup tanpa memihak satu klub. Atau mendukung yang kalah, seperti yang sering dibuat seorang teman saya. Buat apa mendukung yang menang, katanya. Kita mendukung yang salah biar kelak menjadi pemenang.

Inilah topik terhangat yang ramai dibicarakan orang. dari pemilik warung sampai anggota DPR penggemar sepak bola, dari tukang becak hingga pemimpin perusahaan, dari tukang ojek hingga politisi. Beginilah suasana hidup dalam dunia serba informasi. Lambat sedikit akan dibilang telat, basi. Padahal informasi mendalam justru dengan mencermati perkembangan informasi. Bukan soal cepat tetapi soal kualitas, keakuratan informasi.

-----------------------------------------------------

* Ocehan malam menjelang istirahat setelah lelah beraktivitas seharian. Selamat malam buat pembaca. Kalau sempat dibalas sapaannya. Kalau tidak, selamat beristirahat. Semoga esok pagi bangun dengan semangat baru.

PA, 16/9/2012

Gordi Afri

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x