Mohon tunggu...
Khazat Zikrullah
Khazat Zikrullah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hi there!

Hanya seorang mahasiswa biasa

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Cara Memulai Kebiasaan Membaca Buku

3 Oktober 2021   14:46 Diperbarui: 3 Oktober 2021   18:56 143 8 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: https://unsplash.com/s/photos/book

Kita sama-sama tahu bahwa banyak membaca mendatangkan banyak manfaat. Mulai dari pemahaman dan pengetahuan baru, perbaikan tata bahasa, pengasahan kemampuan penyerapan informasi, bahkan menjadi hiburan tersendiri.

Setelah tahu manfaat membaca, timbul keinginan untuk mulai hobi membaca. Tapi seringnya, hal itu cuma jadi wacana belaka karena bingung untuk memulai dari mana.

Berikut ini cara yang bisa Kamu tempuh untuk memulai hobi membaca, yang dulu pernah Saya sendiri lakukan.

1. Mulai dengan buku fiksi

Kita semua menyukai film. Oleh karena itu, buku fiksi yang hanya bersifat khayalan dapat menjadi peralihan yang cocok dari film ke buku. Selain itu, karena kita suka dengan cerita maka buku fiksi yang berisi cerita tidak akan membuat kita bosan.

Kamu bisa memulai dengan novel yang telah diadaptasi menjadi film yang Kamu suka. Ketika nanti sudah terbiasa membaca, Kamu bisa merambat ke bacaan yang lebih berat seperti buku-buku nonfiksi.

2. Pilih genre kesukaan Kamu

Dengan genre yang Kamu suka, maka Kamu bakal lebih tertarik untuk membaca. Banyak genre yang bisa Kamu pilih, seperti genre-genre dalam film: Romance, Comedy, Mystery, Horror, sejarah, fiksi sains, fantasi, dan yang lainnya. 

Misalnya Kamu suka dengan genre Mystery, maka novel-novel detektif seperti Sherlock Holmes sangat cocok buat Kamu memulai hobi membaca.

3. Minta rekomendasi dari teman Kamu yang hobi membaca

Kalau Kamu punya teman yang hobi membaca buku, Kamu bisa banget tanya-tanya soal rekomendasi buku. Karena tentu saja sudah banyak buku yang teman Kamu baca, jadi Kamu bisa tanya buku apa yang menjadi favoritnya. Saya sendiri memulai membaca novel dari rekomendasi teman, dan akhirnya hingga kini menjadi hobi buat Saya.

Kamu bisa juga pergi ke toko buku bareng teman Kamu, karena pasti dia bakal berceloteh banyak tentang buku-buku bagus yang melintas di pandangan matanya saat menelusuri lorong-lorong buku di sana. Percaya deh.

4. Cari informasi rekomendasi buku di internet

Selain mengandalkan teman Kamu, bisa juga Kamu cari tau sendiri lewat internet atau medsos. Tinggal ketik saja di kolom pencarian dan klik enter, Kamu sudah bisa lihat banyak rekomendasi bertebaran di sana.

Tapi cara ini biasanya kurang efektif. Karena banyaknya rekomendasi dari berbagai sumber, kita malah jadi bingung untuk memilih yang mana.

5. Jangan memaksakan diri

Berhenti membaca saat Kamu sudah merasa lelah. Kita sama-sama tahu kalau suatu hal yang dipaksakan itu berdampak negatif. Baca buku secara bertahap, misalnya Kamu bisa baca per bab atau per sub-bab untuk sekali baca. 

Jangan terpaku pada hal seperti "orang sukses sering membaca buku," tapi mulailah hanya untuk sebagai hiburan. Ketika nanti sudah mulai terbiasa, Kamu bisa menerapkan target yang lebih tinggi.

6. Mulai saja!

Mulai saja! Jangan cari waktu luang, tapi luangkanlah waktu untuk membaca buku. Kurangi waktu yang Kamu habiskan untuk menjelajah media sosial dan mulailah membaca.

Mulai saja! Tanpa memulai semuanya hanya angan-angan belaka. Karena motivasi membaca datang dari kegiatan membaca itu sendiri. Saya pribadi cenderung malas untuk mulai membaca buku yang baru. Tetapi ketika Saya mencoba baca, Saya dibuat penasaran di akhir setiap babnya sampai akhirnya jadi bersemangat untuk menamatkan satu buku.

Yaaahh sekian yang bisa saya bagikan soal bagaimana Saya memulai hobi membaca, semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman semua yang juga mau memulai hobi/kebiasaan membaca. Terima kasih.

"Time is precious, waste it wisely." - K. Bromberg

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan