Mohon tunggu...
147_Sindhi Dwi Puji Lestari
147_Sindhi Dwi Puji Lestari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

pengalaman adalah guru terbaik dalam kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pentingnya Sumber dan Media Pembelajaran dalam Kegiatan Belajar Mengajar

1 Juli 2022   17:00 Diperbarui: 1 Juli 2022   17:01 36 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Semakin berkembangnya zaman, sumber dan media pembelajaran semakin mempengaruhi kegiatan belajar mengajar. Sumber pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk mencari informasi materi pembelajaran. Pada saat ini, banyak sekali sumber pembelajaran, yang paling utama adalah internet. 

Jaringan internet yang sangat luas memberi banyak keuntungan, salah satunya dapat dengan mudah mengakses segala informasi dari berbagai negara didunia. Mulai dari hal kecil, besar hingga berita terbaru pun bisa didapatkan melalui jaringan internet. Buku, artikel, jurnal, novel dan masih banyak lagi juga sudah bisa dengan mudah diakses melalui jaringan tersebut. 

Dengan adanya sumber pembelajaran ini sangat mendukung kegiatan belajar mengajar, memudahkan siswa untuk mempelajari hal baru dan mengikuti perkembangan zaman.

Namun jika hanya memanfaatkan sumber pembelajaran saja, kegiatan belajar mengajar tidak dapat berjalan dengan maksimal. Penyampaian materi dari pengajar kepada peserta didiknya juga harus memiliki penghubung nyata atau bisa disebut dengan media pembelajaran agar apa yang disampaikan tenaga pendidik dapat diterima dengan maksimal oleh peserta didik. 

Media pembelajaran merupakan objek baik benda mati, hidup, berbentuk maupun tidak berbentuk yang bisa digunakan untuk menyampaikan pesan, informasi, materi dan lain-lain pada saat kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung. 

Media pembelajaran merupakan pendukung yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar, dengan adanya media pembelajaran makan kemungkinan besar peserta didik akan lebih memahami materi yang diajarkan, dan juga memungkinkan untuk peserta didik akan lebih mudah mengingat materi yang telah disampaikan. 

Karena media pembelajaran biasanya dibuat dengan semenarik dan semudah mungkin didesain agar materi dapat diterima oleh peserta didik dengan maksimal sehingga merangsang memori mereka untuk mengingat materi pembelajaran yang disampaikan dengan bantuan mengingat media pembelajaran yang pernah digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.

Peran sumber dan media pembelajaran sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar, keduanya sama-sama dibutuhkan. Apabila salah satu tidak ada dalam kegiatan belajar mengajar sudah bisa dipastikan kegiatan belajar mengajar tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Namun, tenaga pendidik harus bijak dan bertanggung jawab dalam penggunaan sumber dan media pembelajaran. 

Semakin berkembangnya teknologi juga semakin sulit untuk membatasi konten yang bermunculan jika menggunakan sumber pembelajaran internet. Sebagai tenaga pendidik, harus siap siaga mengawasi dan memantau peserta didik dalam mencari sumber pembelajaran, tidak semua sumber pembelajaran yang dari internet benar, oleh karena itu tenaga pendidik harus bijak dalam memilih dan memilah informasi sebelum disampaikan kepada peserta didik. 

Penggunaan media pembelajaran juga sangat berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar, sudah merupakan tugas dan tanggung jawab yang harus diampu oleh tenaga pendidik untuk menggunakan media dalam pembelajaran, disini tenaga pendidik yang merupakan tenaga pengajar utama disekolah dituntut untuk memiliki pemikiran kritis dan kreativitas yang tinggi untuk menciptakan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami agar siswa senang belajar dan lebih mudah menerima materi yang disampaikan melalui media pembelajaran tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan