Mohon tunggu...
Healthy

Penyebab dan Pencegahan Kerusakan Mata

19 Oktober 2017   20:11 Diperbarui: 19 Oktober 2017   20:16 1876
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Mata ? apa yang kamu ketahui tentang mata ?

Yaitu suatu organ yang sangatlah penting bagi manusia. Mata juga salah satu indra yang sangat diperlukan oleh manusia untuk melihat lingkungan sekitar. Kita sebagai manusia harus dengan baik menjaga mata kita dan jangan pernah untuk sekali-kali menyiakannya.

Disini saya akan menuliskan beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata serta cara untuk pencegahan, anatara lain :

1. Berlama-lama didepan layar monitor seperti komputer,laptop, dan notebook. Jika hal tersebut dibiasakan dan tidak segera diatasi akan menjadi pemicu rusaknya mata, sering-seringlah untuk mengurangi intensitas cahaya dari monitor sehingga tidak begitu terang.

2. Akibat paparan sinar UV. Paparan sinar UV yang mengenai langsung kontak mata anda akan membuat terasa sakit, karena ketika melihat sinar matahari yang begitu cerahnya akan terasa sakit. Jadi, untuk melihat matahari secara langsung gunakan alat pelindung seperti kacamata.

3. Menonton TV terlalu lama dengan jarak yang sangat dekat. Tv memiliki beragam warna mulai yang soft sampai yang mencolok,hal itulah yang 

4. Membaca buku sambil tidur dengan jarak yang sangat dekat. Hindari membaca buku sambil tidur karena hal ini juga dapat memicu kerusakan pada mata. 

5. Dan masih banyak lagi hal hal lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan mata.

Cara-cara mencegah pada kerusakan mata, antara lain :

1. Rutin mengkomsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin A. Buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin A diantaranya pepaya, mangga, wortel, semangka, dan strawberry.

2. Kurangi paparan cahaya Smartphone / Laptop. Para dokter menganjurkan untuk meminimalisir kerusakan pada mata kita akibat paparan cahaya dari smartphone/laptop tersebut kita setiap 20 menit harus mengarahkan pandangan mata ke tempat lain selama 20 detik lebih dianjurkan lagi utuk mengarahkan ke pemandangan yang hijau dan tumbuh-tumbuhan segar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun