Lingkungan

Mepa UNPATTI Gelar Penanaman 1001 Mangrove dalam Rangka Memperingati Hari Konservasi

11 Agustus 2018   08:03 Diperbarui: 11 Agustus 2018   09:31 241 0 0
Mepa UNPATTI Gelar Penanaman 1001 Mangrove dalam Rangka Memperingati Hari Konservasi
DOKUMEN MEPA UNPATTI

Peradaban merupakan buah pikiran dari manusia yang telah dirangkai ribuan tahun lamanya. Selama kemajuan peradaban yang telah melewati tahap demi tahap membawa dampak terhadap bumi yang merupakan tempat tinggal umat manusia.

Manusia yang memiliki berbagai kelemahan sering kali melupakan keseluruhan sistem yang ada sehingga perkembangan peradaban seringkali tidak seimbang. 

Lingkungan yang merupakan salah satu dari sistem yang ada merupakan sistem yang paling sering terlupakan apalagi di masa sekarang ini ketika peradaban berkembang sangat pesat. Hingga saat ini telah muncul isu global yaitu kemampuan lingkungan untuk menunjang kehidupan manusia mulai terganggu. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah pergerakan untuk menciptakan kesadaran manusia tentang permasalahan lingkungan ini serta membimbingnya ke dalam aksi yang nyata. 

MAHASISWA EKONOMI PENCINATA  ALAMMEPA UNPATTI  merupakan organisasi yang bergerak di bidang Lingkungan Hidup dan kegiatan Alam Bebas. 

Berdasarkan Anggaran Dasar MEPA UNPATTI  Itu Sendiri, tujuan dibentuknya organisasi ini adalah mengembangkan rasa cinta alam dan kesadaran lingkungan hidup kepada masyarakat dan aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan hidup. 

Dengan adanya isu global tersebut, kami sebagai anggota MAHASISWA EKONOMI PENCINTA ALAMMEPA UNPATTI  perlu mengadakan sebuah pergerakan untuk membantu menciptakan kesararan masyarakat tentang lingkungan hidup.

FOTO BERSAMA PESERTA PENANAMNA 1001 MANGROVE
FOTO BERSAMA PESERTA PENANAMNA 1001 MANGROVE
Bumi yang kita hidup didalamnya memiliki keterbatasan dalam memperbaiki dirinya sendiri, padahal dengan atau tidak kita sadari, dalam upaya pemenuhan kebutuhan manusia, kita akan selalu memerlukan sumber daya alam yang ada di bumi. 

Manusia dan lingkungan memiliki kaitan yang erat. Keberadaan manusia sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan di sekitarnya, sehingga aktivitasnya banyak ditentukan oleh keadaan lingkungan di sekitarnya. Keberadaan sumberdaya alam, air, tanah, dan sumberdaya yang lain menentukan aktivitas manusia sehari-hari.

 Sebaliknya, aktivitas manusia juga sangat mempengaruhi keberadaan sumberdaya dan lingkungan di sekitarnya. Oleh sebab itu diperlukan pengelolaan sumberdaya alam yang baik dan bijaksana demi terciptanya suatu kondisi lingkungan dan peradaban manusia yang berkelanjutan.

Diperlukan sinergi antara masyarakat, pemerintah dan mahasiswa untuk menyelaraskan kepentingan dan mereduksi potensi konflik kepentingan di tataran operasional.

FOTO BERSAMA
FOTO BERSAMA
Oleh karena ini dalam rangka memperingati hari konservasi alam nasional, maka kami dari mahasiswa ekonomi pencinta alam memperingatinya dengan kegiatan Aksi Nyata Penanaman 1001 Mangrove sebagai bentuk promosiah kepada masyarakat dan pemerintah bahwa betapa pentingnya menjaga lingkungan sekitar kita. 

Kegiatan ini bukan saja sampai di kegiatan penanaman, namum ada bentuk ikhtiar maka kami akan melanjutkan kegiatan lanjutan berupa seminar lingkungan yang akan diagendakan pada September mendangan. Dalam kegaiatan yang kami Mahasiswa Ekonomi Pencinta Alam gelar pada Jumat 10 Agustus 2018 kemarin bertujuan sebagi berkut

  1. Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Tentang Lingkungan Hidup Dan Pentingnya Upaya Pelestarian Alam
  2. Mengarahkan Kesadaran Masyarakat Ke Dalam Aktifitas Kehidupan Sehari-Hari
  3. Mengajak Masyarakat Untuk Turut Aktif Dalam Kegiatan Pelestarian Alam
  4. Sebagai Media Untuk Berbagi Pengetahuan Tentang Kegiatan Untuk Pelestarian Alam.

Oleh karena itu kami dari keluarga besar MAHASISWA EKONOMI PENCINTA ALAM MEPA UNPATTI sangat bertemikasih kepada semua pihak yang mendukung sehingga kegiatan aksi penanaman 1001 mangrove ini terlaksana dengan lancer tampa ada hambatan dan kandalah. Ucapan terimaksih juga kami sampikan kepada teman-teman UKMF, UKM yang turt serta dalam aksi penanaman tersebut

Ucapan terimakasih juga kepada pihak instansi yang mendukung kegiatan kami

Kepada PIMPINAN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS. PIMPINAN HOTEL SANTIKA PRIMERE AMBON, KEPALA DESA TAWIRI, KEPALA BALAI DAERAH ALIRAN SUNGI (DAS), KEPALAH BALAI KONSERVASI SUMBERDAYA ALAM (BKSDA. MALUKU), dan KEPALA KALESANG MANGROVE TAWIRI

@SALAM MEPA

@SALAM LESTARI

 @SAVELINGKUNGANHIJAU

@MARIMERAWATKEAWARASAN

SALAM MEPA

DIMANA KAKI DIPIJAK DISITU ALAM DIJUNJUNG