Mohon tunggu...
Sugiman W
Sugiman W Mohon Tunggu... Buruh - Saya

Menulis "sesuatu" di Jogja. Sudah jarang nulis di sini.

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Warung Kopi Sidomuncul Hotel Tentrem Yogyakarta

24 November 2014   02:58 Diperbarui: 17 Juni 2015   17:02 745
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Warung Kopi Sidomuncul Hotel Tentrem.

Sore ini saya bersama teman-teman Blogger Jogja nongkrong di Warung Kopi Sidomuncul Hotel Tentrem Yogyakarta. Hotel berbintang 5 ini terletak di Jalan AM Sangaji No. 72 A, kira-kira 1 kilometer utara Tugu Yogyakarta. Warung kopi dengan konsep "Non Alkohol drink and snack" ini dibuka sejak Maret 2014 lalu dengan suguhan kopi sebagai menu unggulan.

Hotel Yogyakarta ini salah satu bagian dari Sidomuncul Group, maka tak heran jika warung kopinya pun dinamai Warung Kopi Sidomuncul. Warung kopi terletak di luar loby hotel dengan pemandangan ke arah Gunung Merapi. Pengunjung bisa menikmati nyamannya Warung Kopi Sidomuncul mulai jam 15.00 - 23.00 WIB.

[caption id="" align="aligncenter" width="450" caption="Warung Kopi Sidomuncul Hotel Tentrem."][/caption] [caption id="" align="aligncenter" width="450" caption="Pemandangan di Warung Kopi Sidomuncul."]

Pemandangan di Warung Kopi Sidomuncul.
Pemandangan di Warung Kopi Sidomuncul.
[/caption]

Kami didampingi oleh Supardan, Departmen Head dalam menjelaskan proses pembuatan kopi di Warung Kopi Sidomuncul. Kopi di warung ini memang diracik sendiri dengan komposisi 70% kopi Arabica dan 30% kopi Robusta. Kopi ini lalu dinamakan Kopi Tentrem, karena menjadi khas semua minuman kopi di Hotel Tentrem Yogyakarta.

[caption id="" align="aligncenter" width="288" caption="Mas Purbo, supervisor Warkop Sidomuncul mempersiapkan kopi."]

Mas Purbo, supervisor Warkop Sidomuncul mempersiapkan kopi.
Mas Purbo, supervisor Warkop Sidomuncul mempersiapkan kopi.
[/caption] [caption id="" align="aligncenter" width="450" caption="Para blogger sibuk memperhatikan barista."]
Para blogger sibuk memperhatikan barista.
Para blogger sibuk memperhatikan barista.
[/caption]

Harga berbagai aneka menu di Warung Kopi Sidomuncul cukup bersaing dengan cafe-cafe yang ada di Yogyakarta. Dengan Rp. 20.000 (belum termasuk PPN) sudah bisa menikmati suasana hotel berbintang 5, ngebutnya free wifi, dan bisa berfoto narsis di depan bajaj yang digunakan Jokowi-JK berkampanye saat Pilpres 2014.

[caption id="attachment_337282" align="aligncenter" width="300" caption="Speedtest kecepatan internet di Hotel Tentrem."]

1416781954457776538
1416781954457776538
[/caption]

O iya, Currently Managing Kompasiana, Iskandar Zulkarnaen saat acara Kompasiana Nangkring Yogyakarta, 1 November 2014 lalu juga menginap di hotel ini.

[caption id="" align="aligncenter" width="430" caption="Mas Isjet narsis. (Courtesy: Klik foto)"]

[/caption]

Tolak Angin Antaseno Namanya saja Warung Kopi Sidomuncul, tak afdhol rasanya jika tak ada minuman berbau "Tolak Angin". Sayapun memesan minuman hangat Tolak Angin Antaseno. [caption id="" align="aligncenter" width="450" caption="Tolak Angin Antaseno."]

Tolak Angin Antaseno.
Tolak Angin Antaseno.
[/caption]

Secangkir minuman ini harganya hanya Rp. 25.000 dengan komposisi Tolak Angin Sidomuncul, susu, carnation sweet, dan sirup. Tak ada tambahan gula lagi, tapi jika terasa kurang manis bisa minta gula batu pada barista.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun