Mohon tunggu...
Kirana Khalda Fahira
Kirana Khalda Fahira Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Mahasiswa Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kegiatan Kampus Mengajar 3 SDN Gelang 08 dalam Acara Memperingati Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kartini

9 Agustus 2022   18:17 Diperbarui: 9 Agustus 2022   18:27 78 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Program Kampus Mengajar merupakan salah satu bentuk pelaksanaan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berupa kegiatan asistensi mengajar bertujuan memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar sasaran di berbagai daerah. 

Salah satu Sekolah Dasar yang menjadi sasaran Program Kampus Mengajar yaitu SDN  Gelang 08 di kecamatan Sumberbaru, Jember. Pada kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 3 di SDN Gelang 08 ini terdapat tim yang beranggotakan 5 mahasiswa yaitu Hermawati (Universitas Jember), Rina Inayah Lestari (Universitas Jember), Cantika Dyah Ayu Pitaloka (Universitas Jember), Kirana Khalda Fahira (Universitas Jember), dan Gustina Ronalin  (Universitas Muhammadiyah Jember),

Mahasiswa harus dipersiapkan untuk lebih konprehensip dan disiplin untuk menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi. 

Pada tinggat perguruan tinggi mahasiswa diharapkan dapat merancang dan melaksanakan pembelajaran yang inovatif agar siswa mendapat pengetahuan dan keterampilan secara optimal dan selalu relevan dalam menghadapi kebutuhan zaman yang semakin berkembang. 

Mahasiswa juga dapat meningkatkan mutu pendidikan tinggi dengan mengikuti program kampus mengajar ini, hal ini juga dapat memfasilitasi, mendorong, mempercepat perguruan tinggi mencapai tujuannya mencapai indikator kinerja utama perguruan tinggi.

Pelaksanaan program ini memiliki dampak positif bagi seluruh elemen sekolah baik siswa, guru dan mahasiswa itu sendiri. Adapun hasil dari pelaksanaan program ini ialah penanaman empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan bermasyarakat, mengasah keterampilan berpikir dalam bekerja sama lintas bidang ilmu dan ragam asal, mengembangkan wawasan dan berkontribusi nyata dalam pembangunan nasional.

Adapun salah satu prodram kerja Kampus Mengajar 3 yaitu ,Melaksanakan Upacara Bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kartini Lomba memperingati Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kartini beberapa lomba yaitu lomba Puisi dan Paduan Suara yang dimana Lomba puisi ikuti oleh peserta didik dari kelas I sampai V sedangkan lomba paduan suara di laksanakan secara kelompok dari kelas I sampai V dan juga lomba Fashion show yang diikuti oleh peserta didik dari kelas I sampai V dengan menggunakan busana kebaya untuk memperingati Hari Kartini. Kemudian dalam hari kedua acara ini yaitu pengumuman pemenang untuk lomba puisi, paduan suara dan fashion show.

Program Kampus Mengajar dan sudah berjalan selama dua priode ini sebagai salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

Kegiatan ini memberdayakan mahasiswa dengan tujuan sebagai duta perubahan perilaku sehingga mahasiswa dapat membantu kegiatan pembelajaran dengan mengadaptasikan teknologi dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar sasaran di berbagai Desa/Kota di seluruh Indonesia. 

Pelaksanaan. Program Kampus Mengajar Pertama berfokus pada 3 aspek yang meliputi salah satunya membantu mengajar, membantu adaptasi teknologi, dan bantuan administrasi telah memberikan kebermafaatan yang nyata bagi sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan