Mohon tunggu...
102_Amelinda Nur
102_Amelinda Nur Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Prodi Keperawatan UMM

Opportunities will not happen but we create them.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Autoimun

26 November 2022   16:52 Diperbarui: 26 November 2022   17:00 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Penyakit autoimun adalah penyakit yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh atau sistem imun menyerang sel-sel sehat dalam tubuh sendiri. 

Penyakit ini berkembang ketika sistem kekebalan tubuh salah dalam menilai sel sehat yang ada dalam tubuh dan malah menganggapnya sebagai zat asing.  Penyakit ini menyerang dari semua kalangan mulai dari bayi hingga lansia.

Resiko besar terjadi pada lansia, Karena autoimun ini menyerang dengan kekebalan yang rendah. Sistem tubuh pun akan mengalami penurunan saat mulai lanjut usia. Sistem imun adalah salah satu sistem yang menurun fungsinya ketika masuk usia tua.

Penderita autoimun akan merasakan lelah yang berlebihan dan bahkan timbul memar dibeberapa bagian meskipun tidak beraktivitas sekalipun. Pegal otot juga menjadi salah satu gejala penyakit autoimun. Tak jarang juga Demam ringan sering dirasakan oleh penderita.

Pengobatan penyakit ini memerlukan perawatan yang intensif. Penderita penyakit autoimun ini dianjurkan mengkonsumsi vitamin jika tidak penderita akan merasa lemas setiap harinya. Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), seperti ibuprofen atau aspirin, untuk mengatasi nyeri jika penderita autoimun mengalami kekambuhan.

Autoimun terjadi pada seseorang yang mempunyai riwayat penyakit anemia dan darah rendah. Penyakit ini bisa dicegah dengan olahraga teratur, berhenti merokok, dan menjaga berat badan ideal. Menjaga kebersihan tubuh agar terhindar infeksi virus dan bakteri juga termasuk pencegahan penyakit autoimun.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun